Nasional

Rizal Ramli: Anggaran Infrastruktur Sebaiknya untuk Selamatkan Ekonomi Rakyat

Senin, 30 Maret 2020 21:30 wib

...
Ekonom senior Rizal Ramli (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Ekonom senior Rizal Ramli mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengalihkan anggaran proyek infrastruktur untuk pembiayaan penanganan pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Jangan gengsi. Gunakan uang proyek insfrastruktur Rp430 triliun, dana Saldo Anggaran Lebih (SAL) dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) yang kurang lebih Rp270 triliun untuk membantu kebutuhan pokok pekerja harian dan rakyat miskin,” kata Rizal Ramli, di Jakarta, Senin, 30 Maret 2020.

Baca juga: KH Maruf Amin: Santri Pelopor Ekonomi Arus Bawah

“Ajak tentara, polisi, sopir Ojol, RT/RW untuk distribusi makanan,” lanjut mantan meteri era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu.

Rizal Ramli juga meminta agar rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota yang memakan biaya hingga Rp470 triliun sebaiknya juga dihentikan. Sebab, dampak pandemi virus corona terhadap perekonomian masyarakat kecil sangat terasa.

Ia menyebut misalnya, para buruh, tani, kuli bangunan sudah terancam menganggur. Begitu juga, pedagang sayuran, buah, penjaja makanan dan sektor informal juga banyak yang gulung tikar karena tak ada pembeli.

Baca juga: Ikhtiar Muslimat NU Madura Memberdayakan Ekonomi Umat

“Mereka semua butuh makan yang cukup dan harus ditolong pemerintah dan pengusaha yang peduli. Bertindaklah sekarang, act now,” tukasnya.

Mantan anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu-pun menegaskan, pengorbanan itu mulai dari pemimpin. Pemimpin, sambung Rizal Ramli, harus menjadi contoh dan membangun kredibilitas. “Nyawa manusia lebih penting dari proyek,” pungkasnya. (red)