Nasional

Menteri Edhy Tinjau Budidaya Rumput Laut Spinosium di Pulau Seribu

Selasa, 19 Mei 2020 22:00 wib

...

Jakarta – Usai meluncurkan sistem pembelajaran berbasis online E-Milea, pada Senin kemarin, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Pulau Karya, Kepulauan Seribu dan Pulau Kelapa Dua, Selasa, 19 Mei 2020.

Dalam kunjungan tersebut, Edhy melihat langsung pembudidayaan rumput laut spinosium di Pulau Karya. Budidaya rumput laut spinosium mulai banyak diminati para nelayan setempat. Bahkan rumput laut di Kepulauan Seribu sudah diekspor ke Negara Vietnam.

“Saya melihat Geliat budidaya rumput laut spinosiun menjadi angin segar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir Ibukota, bahkan rumput laut disini sangat diterima di Vietnam, bahkan saat pandemi Covid-19,” kata Edhy.

Di hari yang sama, Edhy bersama rombongan berkunjung ke pulau Kelapa Dua untuk ikut dalam kegiatan panen ikan bawal bintang, kerapu, kakap putih, dan udang Vaname.

Dalam kunjungannya di pulau Kelapa Dua, ia berpesan untuk terus konsisten dan optimis membudidayakan dan mengembangkan usaha di sektor perikanan.

“Kepulauan Seribu punya potensi besar menjadi kawasan budidaya perikanan, masih banyak area yang dapat dimanfaatkan,” tegasnya.

Ia juga berpesan kepada kelompok Masyarakat Kepulauan Seribu agar tetap semangat dan produktif, apalagi dekat dengan ibukota Jakarta sebagai pasar sekaligus gerbang distribusi.

“Teruslah berusaha mengembangkan budidaya perikanan. Manfaatkan dana KUR maupun dana BLU LPMUKP,” pesannya.

Di samping kunjungan ketempat pembudidayaan perikanan, Edhy juga membagikan paket sembako untuk ratusan pembudidaya perikanan di Kepulauan Seribu. (wan/onk)