Nasional

Mulai Pekan Depan, Masjid di Jakarta Bakal Gelar Shalat Jumat

Rabu, 03 Juni 2020 20:00 wib

Jakarta – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla alias JK memastikan ibadah shalat Jumat di sejumlah masjid di Jakarta bakal kembali digelar pada Jumat, 5 Juni 2020, pekan depan.

Kepastian itu didapatkan setalah ia berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Insyaallah lusa (dibuka). Setelah saya sebagai Ketua DMI konsultasi dengan bapak presiden dan bapak gubernur DKI,” kata JK melalui rekaman video dari tim media JK, Rabu, 3 Juni 2020.

JK mengatakan, shalat Jumat di masjid itu bakal digelar asalkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pencegahan virus corona di Jakarta yang berakhir Kamis (4/6) besok tidak diperpanjang.

Menurut JK, apabila Pemprov DKI tak memperpanjang PSBB artinya terdapat perbaikan yang signifikan terkait penanganan kasus corona.

“Karena itulah maka tempat-tempat umum bisa dibuka dengan syarat melaksanakan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Mantan wakil presiden itu menuturkan, protokol kesehatan di rumah ibadah termasuk yang paling mudah dilakukan dibandingkan tempat umum lain seperti pasar dan mal. Protokol kesehatan ini yakni dengan menjaga jarak minimal satu meter, memakai masker, dan mencuci tangan.

“Kalau ada jemaah tidak pakai masker suruh dulu pakai masker baru boleh masuk. Kemudian cuci tangan, di tiap pintu ada disinfektan atau sabun. Maka yang paling aman dalam situasi ini justru rumah ibadah. Beda dengan pasar, mal tidak bisa jaga jarak dengan betul,” tuturnya.

Selain itu, jemaah juga wajib membawa sajadah sendiri. Menurut JK, Jokowi sendiri akan mulai melaksanakan salat Jumat berjemaah di masjid Istana Negara pekan ini.

“Insyaallah semua (tempat ibadah) merasakan. Gereja juga buka hari Minggu. Besok presiden salat di istana. Setelah 12 Jumat kita tidak salat (di masjid), paling lama dalam hidup saya ini,” selorohnya.

JK sebelumnya telah menyampaikan bahwa pembukaan masjid dapat dilakukan usai pemberlakuan PSBB berakhir. Sejumlah wilayah di Indonesia diketahui masih

JK meminta para pengurus masjid di seluruh wilayah yang dinyatakan aman dari corona agar mematuhi protokol kesehatan di masjid sesuai surat edaran yang telah diterbitkan DMI. Edaran tersebut mewajibkan jemaah memakai masker, membawa sajadah sendiri serta menjadi jarak.

JK sebelumnya telah menyampaikan bahwa pembukaan masjid dapat dilakukan usai pemberlakuan PSBB berakhir. Sejumlah wilayah di Indonesia diketahui masih menerapkan PSBB termasuk DKI Jakarta yang akan berakhir pada 4 Juni mendatang.

JK meminta para pengurus masjid di seluruh wilayah yang dinyatakan aman dari corona agar mematuhi protokol kesehatan di masjid sesuai surat edaran yang telah diterbitkan DMI. Edaran tersebut mewajibkan jemaah memakai masker, membawa sajadah sendiri serta menjadi jarak. (red/cnn)