Nasional

PBNU Terjunkan Relawan Bantu Korban Banjir Bandang di Kota Batu

Jum'at, 05 November 2021 21:30 wib

...
Pascabanjir bandang di Kota Batu (santrinews.com/detik)

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas bencana dan musibah yang melanda masyarakat Kota Batu, Jawa Timur.

“Mudah-mudahan semuanya diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah dan bencana yang sedang melanda ini,” kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 5 Nopember 2021.

Helmy mengatakan, PBNU menerjunkan relawan dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI NU) dan LAZISNU untuk membantu segala proses penanganan musibah banjir yang melanda Kota Batu, Jawa Timur.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah di Batu,” ujarnya.

Banjir bandang menerjang Kota Batu setelah hujan deras mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis, 4 Nopember 2021.

Berdasarkan laporan terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, terdapat enam titik yang mengalami banjir. Antara lain Dusun Sambong, Jalan Raya Dieng, Dusun Beru, Dusun Sumberbrantas, Jalan Raya Selecta dan Dusun Gemulo.

Akibat bencana ini, dilaporkan enam orang meninggal, tiga orang hilang, 22 rumah rusak, 28 unit motor rusak, empat unit mobil rusak, dan delapan hewan ternak hilang. Setidaknya, 142 warga mengungsi. Pemerintah Kota Batu juga telah ditetapkan status tanggap darurat bencana.

Helmy mendorong pemerintah untuk bersama-sama mempercepat proses evakuasi dan pemulihan pascabanjir. Ia yakin dengan sinergi bersama, musibah di Kota Batu bisa diatasi dengan baik dan cepat. (red)