Nasional

Kunjungi Pesantren Genggong, Erick Thohir: Pembangunan Ekonomi Nasional Butuh Peran Santri

Sabtu, 20 November 2021 16:30 wib

...

Probolinggo – Menteri BUMN RI Erick Thohir mengunjungi Pondok Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu, 20 Nopember 2021.

Dalam kunjungan tersebut, Erick Thohir mengatakan, untuk meningkatkan pembangunan ekonomi nasional saat ini, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah maupun swasta, melainkan juga dibutuhkan peran santri dan pesantren di seluruh wilayah Indonesia.

“Sudah sepatutnya, santri dan pesantren hadir untuk membantu meningkatkan ekonomi nasional,” kata Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Ia menyampaikan, salah satu peran penting yang dibutuhkan oleh sosok santri dalam peningkatan perekonomian ini adalah akhlak yang mengental dalam jiwa-raga seorang santri.

Sebab, menurutnya, akhlak memiliki posisi yang cukup signifikan dalam pembangunan perekonomian negeri. Dengan akhlak, kata dia, dapat membuahkan sebuah kejujuran dalam bekerja.

Begitu sebaliknya, tanpa akhlak, semua akan bisa berujung pada kedhaliman atau perbuatan tidak terpuji. Sehingga dalam hal ini, peran santri yang telah menjadikan akhlak sebagai darah-dagingnya, sangat dibutuhkan dalam pembangunan perekonomian keumatan.

“Selain santri, pesantren yang merupakan mercusuar peradaban juga cukup penting dalam hal ini. Itu sudah menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan,” ungkapnya.

Sudah sepatutnya, imbuh dia, untuk melakukan kolaborasi dengan seluruh pesantren dalam pembangunan ekonomi ini. “Kolaborasi program-program dengan pesantren,” jelas Erick Thohir.

Dalam kunjungan itu, Erick Thohir memberikan bantuan pada PZH Genggong, berupa satu unit mobil untuk operasional pendidikan pesantren. Bantuan itu diterima langsung oleh Pengasuh PZH Genggong, KH Mutawakkil Alallah, dan disaksikan oleh ribuan santri. (red)