Nasional

Cetak Santri Mandiri, Faisol Riza Resmikan Gedung BLK Komunitas Pesantren di Pasuruan

Minggu, 15 Mei 2022 20:00 wib

...
Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza menyerahkan prasasti peresmian gedung BLK Komunitas Pesantren kepada Pengasuh Pondok Pesantren Assalam Kabupaten Pasuruan KH Abdulloh Fahmi Salam (santrinews.com/saifullah)

Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Faisol Riza meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren Assalam Plus Desa Parasrejo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan, Ahad, 15 Mei 2022.

Peresmian gedung BLK ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Faisol Riza dan diberikan langsung kepada Pengasuh Pesantren Assalam Plus, KH Abdulloh Fahmi Salam.

Baca juga: Cak Imin: BLK Komunitas di Pesantren Solusi Ciptakan SDM Santri Siap Kerja

Faisol Riza mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pondok Pesantren Assalam ‘Plus’ yang telah berkontribusi positif dengan adanya gedung BLK ini.

“Keberadaan BLK komunitas ini diharapkan dapat mencetak santri terampil dan mandiri sekaligus mempersiapkan warga sekitar untuk mendapatkan pengetahuan,” kata Ketua Komisi VI DPR RI ini.

Menurutnya, setelah mendapatkan pengetahuan di BLK ini, santri diyakini bisa siap bekerja sesuai dengan lapangan pekerjaan tersedia.

“Asahlah kemampuan para santri, agar nantinya setelah pulang ke masyakarat, agar menemukan lapangan pekerjaan,” paparnya.

Selain itu, nantinya para santri dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri karena sudah dibekali dengan keterampilan.

“Bisa juga para santri membuka lapangan pekerjaan sendiri. Yaitu tadi, karena sudah diajari di BLK Komunitas di Pesantren ini,” tegasnya.

Baca juga: Tahun 2022, Pemerintah Bangun 3 Ribu BLK di Pesantren

Ketua DPP PKB ini mengungkapkan, keberadaan BLK perlu didukung oleh masyarakat dan perusahaan. Sehingga, perusahaan bisa menyerap tenaga kerja asal pondok pesantren dan warga sekitar.

“Kalau sudah semuanya berjalan dengan baik, ekonomi masyakarat kedepan akan lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, KH Abdulloh Fahmi Salam mengungkapkan bahwa selama menjadi anggota DPR RI, Faisol Riza telah banyak memberikan manfaat pada masyarakat.

“Mas Riza ini selalu peduli pada masyarakat dan manfaatnya dapat dirasakan bentul oleh masyarakat,” tegasnya. (iful/red)