Nasional

Buya Syafii Maarif, Tokoh yang Sangat Dihormati Gus Dur itu Berpulang

Jum'at, 27 Mei 2022 12:00 wib

...

Jakarta – Bangsa Indonesia berduka. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia. Sosok yang sangat dihormati oleh KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Sosok yang karib disapa Buya Syafii itu wafat di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, DIY, Jumat, 27 Mei 2022, pagi. Innalillah wa inna ilaihi rajiun.

“Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam keterangan tertulisnya.

Putri pertama Gus Dur, Alissa Wahid mengenang Buya Syafi’i sebagai tokoh yang berhati jernih, bersih, dan semua yang dilakukannya semata demi kepentingan umat dan negara.

“Buya adalah tokoh yang sangat dihormati Gus Dur. Dan Buya pernah mengatakan hubungan beliau berdua membantu Buya lebih luwes melihat soal bangsa dan agama,” kata lewat akun Twitter pribadinya.

Menurut Alissa, Buya Syafii adalah orang yang kerap ia jadikan rujukan saat menghadapi persoalan bangsa.

“Setiap kali saya sudah merasa mentok tembok menghadapi kondisi bangsa, saya berlabuh mohon petuah Buya Maarif,” ujarnya. (red)