Menag Gus Yaqut Ungkap Sikap Moderat Syekh Nawawi Al Bantani

Yaqut Cholil Qoumas (santrinews.com/istimewa)

Serang – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat meneladani sikap moderat Syekh Nawawi Al Bantani, sosok ulama yang diakui di Indonesia bahkan Dunia.

Hal tersebut disampaikan Gus Yaqut sapaan karib Menag saat memberikan sambutan pada Haul ke-129 Syekh Nawawi Al-Bantani, di Pesantren Al-Nawai Tanara, Serang, Banten, Jumat, 27 Mei 2022.

“Kita bersyukur saat ini kita bisa bersilaturahmi bersama pada acara ini. Kita semua tahu, Syekch Nawawi menjadi panutan ulama di seluruh Nusantara bahkan dunia,” ujar Gus Yaqut.

Menurut Gus Yaqut, kemoderatan Syech Nawawi tergambar dari kitab-kitab karyanya yang sudah mendunia dan dipelajari di seluruh pesantren.

Salah satu kitabnya yang banyak dipelajari adalah Nashaihul Ibad. Ada dua hadis penting yang dikutip Syekh Nawawi pada pembukaan kitab Nashaihul Ibad. Pilihan hadis itu cukup menggambarkan kemoderatan Syekh Nawawi.

Pertama, hadis Qudsi yang mengandung pesan tentang larangan utnuk berbuat kezaliman. Bahwa Allah melarang umat manusia untuk berbuat zalim.

“Pesan ini sangat relevan dengan kondisi saat ini, di mana bangunan relasi antar anak bangsa diwarnai dengan sikap saling membenci, memaki dan melukai hati,” tegasnya.

Hadits kedua berkenaan dengan pesan Rasulullah SAW tentang pentingnya sikap saling menyayangi. Nasihat nabi, barang siapa yang menebarkan cinta kasih sesama umat di bumi, Allah akan menyayanginya juga.

Kemoderatan Syech Nawawi, lanjut Gus Yaqut, juga menurun kepada para keturunannya, tak terkecuali Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

“Tergambar dari sikap Bapak Wakil Presiden yang saat ini menjadi mentor bagi kita tentang bagaimana menyikapi sikap moderat dalam kehidupan beragama,” tandasnya.

Karena itu, Gus Yaqut berharap momentum haul ini bukan sekedar menjadi seremoni, melainkan menangkap keteladanan Syekh Nawawi untuk menjalani hidup yang akan datang.

Hadir dalam acara ini, Wakil presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Wakil Menteri Zainut Tauhid Saadi, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani.

Sebelum Acara puncak Haul dilaksanakan, acara diramaikan dengan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang.

Sementara Acara Haul dimulai dengan Pembacaan Quran, dilanjutkan dengan tahlil bersama, serta arahan Wakil Presiden, diakhiri dengan ceramah agama dan doa. (red)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network