Nasional

Tingkat Kepuasan Jamaah Haji Memuaskan

Sabtu, 12 Juli 2014 21:43 wib

Jakarta – Tingkat kepuasan jamaah haji terhadap pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2013 meningkat menjadi 82,69 persen dibanding tahun 2012 yang 81,32 persen.

“Survei ini dilakukan oleh BPS, Badan Pusat Statistik,” kata Sekjen Kementerian Agama Nur Syam saat pembekalan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji tahun 2014 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu, 12 Juli 2014.

Oleh sebab itu, kata mantan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya ini, survei tersebut cukup dapat dipercaya karena dilakukan oleh pihak yang kredibel.

Nur Syam mengatakan dengan angka tersebut berarti pelaksanaan haji mendapat kriteria “memuaskan” dan akan menuju “sangat memuaskan”.

Tingkat kepuasan jamaah haji paling tinggi diberikan kepada petugas kloter yang nilainya mencapai 85 persen, disusul pelayanan ibadah dan ketiga pelayanan petugas non kloter.

Sementara tingkat kepuasan yang paling rendah adalah makanan yang ditangani oleh dua perusahaan. Hal lain yang diukur antara lain akomodasi dan transportasi.

Nur Syam mengatakan, masalah makanan memang cukup rumit karena selera makanan tiap daerah atau tiap orang berbeda-beda.

Namun demikian, Nur Syam seperti dilansir Antara, mengatakan pemerintah akan terus berupaya agar tingkat kepuasan meningkat.

Untuk itu dia berharap petugas haji memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang semakin baik kepada jamaah haji.

Tahun ini jamaah haji yang akan menunaikan ibadah tercatat 168.800 orang. Dalam penyelenggaraan ibadah haji kali ini tercatat ada 3.424 petugas haji yang terdiri atas 1.855 petugas kloter dan 1.569 petugas non kloter.

Selain dari Kementerian Agama, hadir pula perwakilan dari Kemenkes, Kemenhan, Polri dan Komisi Pengawasan Haji Indonesia sebagai petugas haji. (hend/ahay)