Terorisme di Indonesia

Wakapolri: Tidak Ada Warga NU yang Jadi Teroris

Surabaya – Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komjen Pol Nanan Sukarna memastikan bahwa selama pihak kepolisian menangani dan menangkap terorisme di Indonesia belum ada dari warga NU.

“Tidak ada dari warga NU,” kata Nanan, ketika menjadi pembicara di acara seminar ‘Ekonomi Syariah dan Hukum’ di Hotel Empire Surabaya, Sabtu 11 Mei 2013.

Ia mengungkapkan hal itu menangapi beberapa pertanyaan peserta seminar yang digelar PWNU Jawa Timur itu terkait penggerebekan Densus 88 Polri, di beberapa daerah belakangan ini.

Di tempat terpisah, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj, juga menyatakan hal yang sama. “Tidak akan ada (warga NU) yang jadi teroris,” tegasnya.

Bahkan, Kang Said —panggilan akrabnya, menyatakan siap bertanggung jawab bila ada warga NU yang menjadi teroris.

“Kalau ada saya siap tanggungjawab,” kata Kang Said kepada sejumlah wartawan di sela-sela acara Dialog Nasional Ormas Islam bertema “Menjaga Keutuhan NKRI dari Serangan Terorisme, Korupsi, dan Narkoba” di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu, 11 Mei 2013.

Ia berani menyatakan demikian, karena menurutnya, NU selama ini merupakan salah satu Ormas Islam yang moderat yang mempertemukan ajaran Islam dengan tradisi lokal. (ahay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network