Nasional

Bupati Jombang Buka Pameran Biografi Mbah Wahab

Senin, 01 September 2014 17:25 wib

...
Bupati dan Wakil Bupatii Jombang memperhatikan sejumlah dokumen pada pameran biografi KH A Wahab Chasbullah di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang (santrinews.com/syaifullah)

Jombang – Rangkaian acara haul ke-43 KH Abdul Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) dimulai pada Senin 1 September 2014, hari ini. Sejumlah kegiatan akan dilangsungkan hingga puncaknya pada 6 September mendatang.

Rangkaian acara pendukung dimulai pada Senin 1 September 2014, hari ini, yakni pameran biografi yang dibuka oleh Bupati Jombang, H Nyono Suharli Wihandoko.

H Nyono menyambut baik terselenggaranya pameran biografi ini. Bagi Pak Nyono, sapaan akrabnya, acara ini sangat penting dalam upaya menggali dan meneladani kiprah para ulama.

“Kiprah Mbah Wahab sudah diakui tidak hanya dalam pemikiran, juga mengorbankan jiwa dan raga,” kata Pak Nyono di hadapan hadirin.  Apalagi Mbah Wahab memiliki lagu kebanggan yakni hubbul wathon yang menjadi bukti akan komitmen dan pembelaannya kepada tanah air.

Karena itu Pak Nyono atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang telah mendukung upaya yang dilakukan keluarga dalam mengusulkan Mbah Wahab sebagai pahlawan nasional. “Dalam waktu dekat, gelar pahlawan akan disematkan kepada KH Abdul Wahab Chasbullah,” ungkapnya.

Nyai Hj Mahfudhoh Ali Ubaid saat memberikan sambutan atas nama keluarga juga sangat mengapresiasi upaya gigih yang dilakukan Pemkab Jombang dalam mengusahakan gelar pahlawan nasional bagi Mbah Wahab.

“Sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lengser dari jabatan, insyaallah gelar pahlawan nasional untuk Mbah Wahab dapat segera turun,” kata Ketua 1 PP Muslimat NU ini.

Usai acara seremonial ditutup dengan doa oleh KH Hasib Wahab Chasbullah, bupati berkenan menggunting pita sebagai pertanda dibukanya pameran biografi tersebut.

Bapak Syatiri dari Perpustakaan PBNU yang bertanggungjawab pada kegiatan ini memberikan penjelasan kepada bupati serta wakil bupati Jombang seputar dokumen yang dipamerkan.

Pameran biografi Mbah Wahab berada di pintu masuk Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dan akan berlangsung sejak hari ini hingga puncak haul yakni tanggal 6 September mendatang.

Para pengunjung dapat menyaksikan sejumlah foto dan dokumen lain yang berkaitan dengan kiprah mantan Rais Aam PBNU ini. “Para pengunjung juga bisa menyaksikan film dokumenter yang mengisahkan kiprah Mbah Wahab dan NU,” kata Syatiri.

Di lokasi pameran juga disediakan sejumlah buku yang berkaitan dengan kiprah dan hujjah amaliyah Nahdlatul Ulama. Para pengunjung akan dimanjakan dengan penyejuk ruangan yang didesain agar bisa lebih betah berada di lokasi. (saif/ahay)