Nasional

Menteri Agama Ucapkan Selamat Natal kepada Umat Kristiani

Jum'at, 26 Desember 2014 13:41 wib

...
Menteri Agama H Lukman Hakim Saifuddin (santrinews.com/rmol)

Jakarta – Menteri Agama H Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan Selamat Hari Raya Natal kepada seluruh umat Kristiani. Dia berharap seluruh umat berdamai dan lebih mengedepankan hidup rukun dalam cinta kasih.

“Buat umat kristiani yang  bersukacita. Selamat merayakan Natal. Damai di bumi, damai di hati. Semoga kita terus rukun dalam cinta kasih,” kata Lukman melalui akun Twitter pribadinya @lukmansaifuddin, Kamis, 25 Desember 2014.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mengucapkan selamat yang sama melalui akun twitter mereka.

“Kepada seluruh Umat Kristiani di manapun berada, Selamat Hari Natal. Semoga Natal membawa damai dan bahagia untuk kita semua,” kata Jusuf Kalla melalui akun Twitter @Pak_JK.

Tidak hanya memberi ucapan selamat Natal, SBY juga menyayangkan maraknya konflik yang terjadi dewasa ini dikarenakan kendurnya rasa toleransi antar umat beragama.

“Saya & keluarga mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristiani di seluruh tanah air yang merayakan hari besar keagamaan ini,” kata SBY.

SBY pun mengimbau masyarakat agar tetap saling menghormati dan memelihara kerukunan demi terciptanya perdamaian Indonesia yang lebih baik ke depan.

“Sebagai seorang Muslim, saya mengajak untuk makin memperkokoh kerukunan & membuat negeri ini tanah bagi kasih & persaudaraan,” tandasnya.

Sebelumnya, Front Pembela Islam (FPI) meminta Presiden Joko Widodo untuk tidak mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani. Pasalnya, kata Ketua Dewan Syura FPI, Misbachul Anam, bila mengucapkan selamat kepada umat Kristiani yang merayakan momen kelahiran Yesus Kristus tersebut, Jokowi murtad atau keluar dari Islam.

“Haram hukumnya mengucapkan selamat Natal bagi orang Islam. Tak terkecuali bagi Presiden Jokowi,” kata Misbach. (us/saif)