Nasional

Menpora Imam Nahrawi Bisa Kuliah dari Kaligrafi

Jum'at, 06 Maret 2015 12:04 wib

...
Menpora H Imam Nahrawi membuka secara resmi acara “Pameran dan Festival Kaligrafi Islam Nasional 2015” dengan menggunting pita di Aula Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang, Jawa Timur, Kamis, 5 Maret 2015 (santrinews.com/saif)

Jombang – Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) H Imam Nahrawi menceritakan bahwa sejak remaja ia gemar berlatih kaligrafi dan dari keahlian tersebut akhirnya mampu membiayai kuliah hingga membeli sawah di tanah kelahirannya.

Hal ini disampaikan Imam Nahrawi saat memberikan sambutan pada acara “Pembukaan Pameran dan Festival Kaligrafi Islam Nasional 2015” di Aula Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang, Jawa Timur, Kamis, 5 Maret 2015.

Tampak hadir pula Dr H Abdullah Futaini dari Universitas Al-Azhar Mesir, Prof H Biid Hamidi, guru besar khat internasional dari Universitas Ummul Quro yang juga imam besar di Makkah dan Madinah, Marwan Ja’far (Menteri Desa, Kerja dan Transmigrasi), H Muhaimin Iskandar serta sejumlah ahli khat (khattat) dari berbagai negara.

“Sejak sekolah di madrasah aliyah saya sudah belajar khath (kaligrafi Arab), sehingga tulisan Arab saya bagus,” kata Imam Nahrawi. “Bahkan dari keahliannya ini, ia bisa mengerjakan skripsi untuk penulisan khath Arab sejumlah kawan kuliah sehingga bisa membiayai kuliah,” lanjutnya.

Tidak berhenti sampai di situ, bahkan untuk membiayai adiknya kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya juga didapat dari jerih payahnya dalam menulis Arab tersebut. “Saya bisa menyicil pembelian sawah di kampung, juga dari keahlian menulis Arab ini,” kenangnya. (saif/ahay)