Nasional

Tunjukkan Tanggungjawab Sosial, PMII Gelar Donor Darah dan Tes Urine

Kamis, 16 April 2015 16:09 wib

Surabaya – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar aksi donor darah, Kamis 16 April 2015, di pelataran Kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Al Akbar Timur 9 Surabaya. Ini sebagai salah satu wujud kepedulian sosial PMII.

Donor darah merupakan rangkaian acara Harlah PMII ke-55 bertema ‘Muktamar Pergerakan’ yang dilaksanakan di Surabaya pada 15-17 April 2015.

Selain melakukan aksi donor darah, PMII juga menggelar aksi tes urine untuk merespon kekhawatiran pemerintah yang menyatakan Indonesia dalam keadaan ‘darurat narkoba’.

“Selain donor darah dan tes urine, kita juga akan memberikan santunan kepada fakir miskin, dan anak yatim,” kata Ketua Umum PB PMII Aminuddin Maruf, di Surabaya, Kamis 16 April 2015.

Menurut Amin, melalui rangkaian kegiatan Harlah PMII ke-55 ini PMII ingin menunjukkan bahwa organisasi mahasiswa yang lahir pada tahun 1960 tersebut mempunyai kepedulian sosial yang tinggi bagi masyarakat.

“Tes urine ini sebagai bukti bahwa kader-kader PMII tidak ada yang mengkonsumsi narkoba. Artinya, PMII siap mengawal Indonesia tanpa narkoba,” tandasnya.

Amin menambahkan, pada hari kedua rangkaian Harlah PMII ke-55, akan ditutup dengan malam refleksi yang akan diisi oleh beberapa alumni, budayawan, dan tokoh nasional.

“Harapannya di malam refleksi kader-kader PMII bisa membangkitkan kembali tiga sikap dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa, yakni tanggungjawab sosial, tanggung jawab intelektual, dan tanggung jawab moral,” pungkasnya. (ubaid/onk)