Nasional

Patriotisme Bagian dari Kehidupan Spiritual Bangsa Indonesia

Kamis, 06 Juni 2013 20:05 wib

...
Yenny Wahid (suara/santrinews.com)

Jakarta – Zannuba Arifah Chafsoh atau biasa disapa Yenny Wahid mengatakan, film ‘Sang Kiai’ mengandung pesan bahwa patriotisme adalah bagian dari kehidupan spiritual bangsa Indonesia.

“Patriotisme adalah bagian dari spiritual kita. Menjadi orang yang membela bangsa dan negara itu adalah salah satu perwujudan dari kita menjalankan perintah Tuhan,” katanya, di sela-sela nonton bareng film ‘Sang Kiai’, di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2013.

Film ‘Sang Kiai’ mengisahkan perjalanan dan perjuangan KH M Hasyim Asyari dalam membela dan mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Film ini dibintangi beberapa artis kawakan seperti Ikra Negara, Agus Kuncoro, Christine Hakim, Adipati Dolken, Meryza Batubara, Norman Akuwen, Dimas Aditya dan Suzuki Naburo dan sutradara Roko Prijanto.

Yenny Wahid bukan saja terharu atas kisah hidup kakek buyutnya itu diangkat ke layar lebar. Ia mengaku bangga atas pesan patriotisme yang disampaikan melalui film tersebut.

Mbah Hasyim Asyari bukan saja seorang ulama besar, melainkan juga seorang pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia yang memberikan inspirasi bagi masyarakat.

“Semua warga negara Indonesia berkewajiban membela tanah air sekuat-kuatnya, semaksimal mungkin, agar (Indonesia) jadi bangsa besar,” tegasnya.

Mantan Sekjend DPP PKB ini menambahkan, film itu membuktikan bahwa banyak peran tokoh ulama dan kiai yang ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI.

“Yang kita harapkan bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat, bahwa beliau bukan hanya ulama besar, tetapi juga pejuang kemerdekaan yang memang berkontribusi nyata pada kemerdekaan Indonesia,” tandasnya. (ahay/saif)