Nasional

Para Ulama Thariqah Dukung KH Hasyim Muzadi Jadi Rais Aam PBNU

Jum'at, 12 Juni 2015 17:53 wib

...
KH A Hasyim Muzadi (santrinews.com/dok)

Depok – Para ulama thariqah dari Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman) mendukung KH A Hasyim Muzadi menjadi Rais “˜Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Muktamar ke-33 NU di Jombang, 1-5 Agustus mendatang.

Dukungan itu merupakan salah satu poin kesepakatan para ulama thariqah setelah mengadakan silaturrahmi nasional, di Pesantren Mahasiswa Al Hikam, Depok, yang berlangsung pada tanggal 10-12 Juni 2015.

“Ini salah satu rekomendasi sekaligus menjadi sikap para ulama thariqah,” kata Mudir Aam Idarah “˜Aliyah Jatman, KH Mu’thy Nurhadi, Jumat, 12 Juni 2015.

Menurut Kiai Mu’thy, dukungan para ulama thariqah itu karena KH Hasyim Muzadi terbukti sukses selama menjabat Ketua Umum PBNU. Selama dua periode memimpin PBNU, KH Hasyim Muzadi mampu mentransformasikan Islam Ahlussunnah Waljamaah, yakni Islam damai dan moderat, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia internasional.

Selain itu, Jatman juga mengusulkan kepada PBNU, terutama panitia Muktamar agar Badan Otonom tingkat pusat di lingkungan PBNU diberi hak suara, hak memilih dan dipilih dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang mendatang.

“Kami juga meminta PBNU untuk mendirikan perguruan tinggi bertaraf internasional yang berbasis tasawuf,” tegasnya. (us/onk)