Nasional

Muktamirin Bingung, Muktamar NU atau PKB?

Minggu, 02 Agustus 2015 16:28 wib

...

Jombang – Kekisruhan Muktamar ke 33 NU akibat banyaknya kecurangan sistematis, akhirnya memaksa calon Ketua Umum PBNU KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah turun gunung.

Dalam kesempatan jumpa pers, Gus Sholah menegaskan kekisruhan pada Muktamar kali ini dikarenakan ulah sejumlah pihak yang berusaha menghancurkan NU dengan berbagai ulah yang tidak terpuji.

“Saya katakan jika ada yang berusaha merusak NU, maka saya tidak akan tinggal diam,” kata Gus Sholah Sapaan akrabnya di hadapan puluhan awak media di Media Center Alun alun Jombang, Ahad, 2 Agustus 2015.

Gus Sholah menuturkan, beberapa oknum panitia datang ke area Ponpes Tebuireng dengan alasan memverifikasi peserta Muktamar. Kenyataannya, bukan memverifikasi peserta yang dilakukan, namun mengiming-imingi sesuatu agar mereka setuju dengan mekanisme AHWA.

“Saya tegaskan saya tetap maju,” ujarnya cucu pendiri NU ini.

Gus Solah juga mengatakan banyak Muktamirin dan para kiai yang bertanya tentang Muktamar kali ini. Pertanyaan tersebut seputar apakah ini Muktamar NU atau kah Muktamar PKB?

Dinyatakan Gus Sholah, tidak bisa dipungkiri lantaran banyaknya politikus PKB yang menguasai kepanitiaan Muktamar kali ini. Secara diplomatis, mantan Ketua PBNU era Hasyim Muzadi ini menjawab seluruh pertanyaan itu dengan balik mempertanyakan sikap PBNU yang hanya diam dengan kondisi seperti ini.

Di akhir keterangan persnya, Gus Solah mengatakan pihaknya akan terus mengawal pelaksanaan Muktamar untuk tetap menjaga marwah NU jauh dari nuansa politis. (mam/jaz)