Sejak Dulu Indonesia Dukung Palestina jadi Negara Merdeka

Seorang anak kecil membawa bendera Palestina (santrinews.com/dok)

Sukoharjo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia sejak awal menginginkan Palestina menjadi negara merdeka yang sama dengan negara lain.

“Saya kira semangat kita sejak awal kita ingin Palestina betul-betul menjadi negara,” kata Presiden Jokowi usai meninjau panen raya padi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu, 3 Oktober 2015.

Dalam acara yang juga dihadiri Mentan Amran Sulaiman, Presiden mengatakan dalam waktu dekat dirinya akan menghubungi duta besar Palestina untuk RI dan Presiden Palestina.

“Nanti Senin saya telpon dubes dulu baru ke pak presiden,” kata Presiden Jokowi.

Bendera kebangsaan Palestina berkibar di Markas PBB untuk pertama kalinya pada Rabu, 30 September 2015.

Pengibaran bendera ini dilakukan tak lama setelah Presiden Palestina Mahmoud Abbas berpidato dalam Majelis Umum PBB, yang menyerukan solusi bagi dua negara, yaitu Palestina dan Israel.

Mahmoud Abbas bersama Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon memimpin seremoni pengibaran bendera negara Palestina di Rose Garden.

Dengan demikian, PBB secara resmi mengakui Palestina sebagai negara pemantau non-anggota yang benderanya berkibar di Markas PBB. Selain Palestina, negara pemantau non-anggota lain yang benderanya dapat dikibarkan di Markas PBB adalah Vatikan. (shir/Ant)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network