Nasional

Syafii Maarif Salut Kongres Ansor Berjalan Lancar

Jum'at, 27 November 2015 17:38 wib

...
Syafii Maarif bangga Kongres Ansor berjalan lancar. (santrinews.com/nao)

Sleman – Mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif memuji Gerakan Pemuda Ansor yang mampu menyelenggarakan Kongres XV dengan damai. Hal tersebut berbeda dengan Kongres HMI di Riau.

“Saya memuji acara kongres di sini yang berjalan lancar, dibandingkan dengan kongres yang ada di Riau,” ujar Buya, sapaan akrabnya dalam Pidato Budaya di arena Kongres XV GP Ansor di Ponpes Sunan Pandanaran, Yogyakarta, Jumat, 27 November 2015.

Buya Syafii hadir di acara kongres ketika seluruh agenda sudah dirampungkan dengan tertib dan efektif. Pembahasan materi-materi pokok juga berlangsung dengan teduh dan produktif.

Kongres GP XV Ansor dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla Kamis, 26 November 2015 kemarin. Sidang pleno pertama pembahasan tata tertib kongres, dilanjutkan agenda sore hingga malam hari adalah sidang komisi, dilanjutkan sidang pleno, pembahasan tata tertib pemilihan ketua umum yang baru.

Dalam paparannya, Buya Syafii berpesan kepada para peserta kongres untuk bersatu dan menfokuskan energinya untuk menghadapi tantangan yang makin besar.

Menurutnya, umat Islam di Indonesia adalah mayoritas, bahkan terbesar di dunia. Namun, dia mengingatkan, apabila tidak diimbangi dengan kualitas maka akan menjadi beban. “Kuantitas tapi minus kualitas hanya akan menjadi beban,” katanya.

Ketua Umum GP Ansor (demisioner) Nusron Wahid mengungkapkan bahwa kongres adalah wajah dari organisasi. “Alhamdulillah, Kongres XV GP Ansor telah berjalan tertib, teduh, dan berwibawa. Sidang-sidang juga berjalan dengan produktif.”

GP Ansor adalah organisasi kepemudaan di bawah naungan Nahdlatul Ulama. GP Ansor adalah cermin pemimpin NU di masa depan sebagai organisasi Islam terbesar. (nabil/dtk)