Kunjungi Aswaja NU Center Jatim, UIN Maliki Perkuat Jaringan

Mahasiswa UIN Maliki di ruangan kantor PWNU Jatim, Sabtu, 28 November 2015. (santrinews.com/pan)

Surabaya – Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Jawa Timur mengunjungi PW Aswaja NU Center di Surabaya. Diharapkan ada kerjasama antara kedua belah pihak dan nantinya akan berdiri Forum Mahasiswa Aswaja atau Formas di kampus tersebut.

“Rombongan yang berjunjung ke tempat kami dipimpin langsung oleh Bapak Kiai Rosidin yang juga dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan kampus setempat,” kata M Zunaidul Muhaimin kepada media ini, Sabtu, 28 November 2015.

Wakil Direktur PW Aswaja NU Center Jatim ini juga mengemukakan bahwa tujuan kunjungan adalah sebagai media silaturahim untuk memperkuat perjuangan dalam menyebarkan Aswaja di berbagai tempat, khususnya di kampus UIN Maliki. “Kita ingin ada kerjasama yang semakin intensif antara kami dengan kampus tersebut dan juga sejumlah kampus lain,” kata kandidat doktor UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Dalam pertemuan di salah satu ruangan rapat kantor PWNU Jatim, jalan Masjid Al-Akbar Timur Surabaya tersebut, rombongan juga mengemukakan keinginan untuk memperdalam al-Qur’an dan hadits dan penerapannya di masyarakat.

Sebagai tindak lanjut, maka diharapkan di UIN Maliki nantinya dapat terbentuk Forum Mahasiswa Aswaja atau Formas sebagaimana di sejumlah kampus lain di Jawa Timur. “Karena hasil dari komunikasi dan kerjasama dengan sejumlah kampus tersebut diharapkan akhirnya terbentuklah Formas atau Forum Mahasiswa Aswaja,” terang dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ini.

Di tempat terpisah, KH Abdurrahman Navis mengemukakan sangat mengapresiasi kunjungan tersebut. “Ini merupakan salah satu program kami untuk membentengi mahasiswa dari pengaruh sejumlah aliran serta meneguhkan Aswaja di berbagai kampus,” katanya.

Selanjutnya, Direktur Utama PW Aswaja NU Center Jatim ini siap bekerjasama untuk menyelenggarakan kajian Aswaja di kampus setempat. “Bahkan bila memungkinkan, kami juga siap hadir saat diselenggarakan daurah Aswaja demi memperkuat pemahaman para mahasiswa,” kata Pengasuh Pesantren Nurul Huda Surabaya ini.
Kiai Navis juga berharap usai kunjungan akan ada tindaklanjut dengan didirikannya Formas agar silaturahim antara pegiat Aswaja dapat terjalin semakin intensif. (nabil)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network