Nasional

Pastikan Kuota Haji, Menag Akan Temui Menteri Arab Saudi

Rabu, 02 Desember 2015 22:00 wib

...
Menteri Agama H Lukman Hakim Saifuddin (santrinews.com/rmol)

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya akan menuju Arab Saudi guna bertemu dengan otoritas kerajaan untuk membahas kepastian kuota haji bagi Indonesia yang sebelumnya sempat dipangkas akibat perluasan Masjidil Haram.

“Januari nanti saya diundang oleh Menteri Haji Arab Saudi untuk membicarakan berbagai hal mengenai persiapan haji 2016, salah satunya soal kuota,” kata Lukman seusai membuka acara lokakarya Penguatan Nilai-Nilai Budaya Kerja dan Revolusi Mental di Kantor Kemenag, Jakarta, Rabu, 2 Desember 2015.

Sebelumnya, Kerajaan Saudi sempat menjanjikan pengembalian kuota haji menjadi normal dan ditambah 20 ribu porsi.

Sebanyak 20 ribu itu merupakan akumulasi tambahan 10 ribu porsi untuk pelaksanaan haji tahun 2015 tapi belum sempat terealisasi karena pemberian kuota mepet atau sepekan sebelum penutupan registrasi jamaah haji.

Sementara tambahan 10.000 porsi jamaah lainnya merupakan hasil lobi Presiden Joko Widodo dengan Raja Salman.

Sejak 2013, kuota haji Indonesia dan seluruh negara pengirim jamaah haji terkena pemangkasan jumlah 20 persen dari kuota normal.

Untuk Indonesia, semula memiliki 211 ribu porsi menjadi 168.000 akibat pemangkasan kuota.

Menag berharap kuota haji Indonesia bisa kembali seperti semula, karena otoritas Saudi sudah mengatakan bahwa renovasi di Masjidil Haram nanti akan tuntas sebelum datangnya musim haji 2016. (us/Ant)