Nasional

Pemerintah Sediakan Rusunawa Lengkap Agar Santri Betah

Kamis, 12 Mei 2016 23:52 wib

...
Bupati Bangka H Tarmizi saat melakukan peninjauan ke rusunawa yang didiami para santri di Pondok Pesantren Modern Daarul Abror Desa Kace Kecamatan Mendobarat Kabupaten, Kamis, 14 Januari 2016 (santrinews.com/tribun)

Jakarta – “ŽDirektorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mendorong para santri untuk terbiasa tinggal di rumah susun sewa (Rusunawa) atau hunian vertikal.

Adanya Rusunawa yang dibangun di berbagai pondok pesantren adalah salah satu program pemerintah khususnya Kementerian PUPR. Hal itu untuk meningkatkan fasilitas pendidikan serta menyediakan tempat tinggal layak bagi para santri.

“Pemerintah berharap Rusunawa yang dibangun untuk pondok pesantren ini bisa mendukung pendidikan bagi para santri. Apalagi banyak juga santri yang memerlukan tempat tinggal layak,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin dalam keterangan persnya, Rabu, 11 Mei 2016.

Syarif menerangkan, sejak 2015 pemerintah memiliki kebijakan membangun Rusunawa lengkap dengan fasilitas pendukungnya. Di antaranya adalah listrik, air, prasarana jalan, saluran air serta meubelair (meja dan kursi belajar, tempat tidur dan lemari pakaian, kipas angin) bagi para penghuni Rusunawanya.

“Mulai 2015 pemerintah melalui Kementerian PUPR membuat kebijakan memberikan bantuan kepada Ponpes berupa Rusunawa yang lengkap,” tandasnya.“Ž (us/jppn)