Gandeng BMT Sidogiri, GP Ansor Jatim Gelar Pelatihan Keuangan Syariah

PASURUAN, SantriNews — Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Jawa Timur bekerjasama dengan Sharia Business Consulting (SBC) Sidogiri mengadakan pelatihan Pendirian dan Pengelolaan BMT di Gedung SBC Sidogiri, Kota Pasuruan. Pelatihan berlangsung selama dua hari, pada 28-29 Mei 2016.

Pengurus PW GP Ansor Jatim, Syukron Dosi mengatakan, pelatihan diikuti sebanyak 60 peserta perwakilan dari PC GP Ansor se-Jatim. Dia berharap, mereka nanti benar-benar bisa merealisasikan ilmu dan pengalaman di tengah-tengah masyarakat.

“Gerakan Pemuda Ansor punya misi meneruskan sejarah Nahdlatut Tujjar dan jaringan keuangan Islam yang telah diwariskan para pendiri NU supaya perekonomian umat makin tumbuh mandiri, kuat dan besar,” ujarnya.

Direktur SBC Sidogiri Ilham Wahyudi (Gus Ilham) menaruh harapan yang hampir sama. Menurut dia, pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader Ansor dalam mengelola dan mengembangkan koperasi berbasis syariah.

“Ansor hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan solusi keuangan anggota dengan menumbuhkan Koperasi Syariah,” tegasnya.

“Pelatihan ini tidak hanya sekadar sharing seputar mendirikan, melainkan juga bagaimana mengelola secara istiqamah, amanah dan professional,” sambung Gus Ilham yang juga Pengurus PP GP Ansor.

Ia berharap Ansor mampu mengembangkan Ekonomi Islam melalui Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS). “SBC Sidogiri siap membantu dalam pelatihan dan pendampingan LKMS Ansor di Indonesia, utamanya di Jawa Timur,” tandasnya.

Pemateri dalam pelatihan ini seluruhnya dari BMT UGT Sidogiri Pasuruan. Mereka antara lain KH Mahmud Ali Zein (Ketua Pengurus BMT UGT Sidogiri), H Abd Rokhim, dan beberapa Direksi BMT UGT yang lain.

Pelatihan ini adalah langkah awal dari jalinan kerjasama antara PW GP Ansor Jatim dengan BMT Sidogiri Pasuruan, sebagai bentuk upaya Ansor untuk mendayagunakan LKMS GP Ansor bagi anggota dan masyarakat, khususnya yang bergerak di sektor riil dan keuangan. (rus/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network