Nasional

Kampanyekan Hidup Sehat, Menkes Gandeng Muslimat NU

Kamis, 24 November 2016 18:51 wib

...
Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek (santrinews.com/ist)

Jakarta – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menggandeng Muslimat NU untuk mengkampanyekan gerakan hidup sehat melalui “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas).

“Terima kasih Muslimat NU. Ingatkan terus masyarakat untuk hidup sehat,” kata Menkes dalam Kongres XVII Muslimat NU, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis, 24 November 2016.

Nila mengatakan, Germas dilakukan lewat cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari yaitu melakuka aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

“Jadi dengan ibu-ibu menyapu rumah setiap hari berarti sudah melakukan aktivitas fisik, tidak harus olahraga yang berat,” tambah Nila.

Aktivitas fisik lainnya bisa berupa berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian, mengepel lantai dan membawa belanjaan.

Gerakan sehat lainnya adalah mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, cek kesehatan secara rutin seperti memeriksakan tekanan darah, kadar gula darah, lingkar perut, kolesterol total, arus puncak ekspirasi dan deteksi dini kanker rahim.

Menkes mengatakan, saat ini, Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan yang disebut “triple burden”, yakni penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi namun muncul kembali.

Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

“Harapan kami indeks keluarga sehat bisa mencapai 80 persen. Karena itu saya mengingatkan Muslimat NU bekerja sama mewujudkan keluarga Indonesia keluarga yang sehat,” ujarnya. (us/ant)