Nasional

Raja Salman Tidak Akan Temui Rizieq Syihab

Rabu, 01 Maret 2017 00:14 wib

...
Presiden RI Joko Widodo disambut Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud saat berkunjung ke Arab Saudi, September 2015 (santrinews.com/alarabiya)

Jakarta – Kementerian Luar Negeri memastikan bahwa kedatangan Raja Salman ke Indonesia hanya dalam rangka pertemuan bilateral dan tidak ada agenda bertemu Rizieq Shihab. Hal tersebut disampaikan juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir di Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

“Seperti yang disampaikan Kedubes Arab Saudi, adanya pertemuan bilateral, tidak ada rencana bertemu Habib Rizieq,” ucapnya.

Tata sapaan Arrmanatha Nasir menyatakan bahwa Raja Salman akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta melakukan kunjungan ke gedung DPR dan Masjid Istiqlal.

Selain itu, akan ada pertemuan dengan tokoh Islam dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

“Selain itu, ada pertemuan dengan tokoh-tokoh Islam. Tentunya hal ini adalah MUI, Muhammadiyah, dan NU,” tambahnya.

Raja Salman, masih menurut keterangan Tata juga diagendakan bertemu dengan tokoh lintas agama.

“Juga direncanakan (bertemu) dengan tokoh agama dari Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu,” pungkasnya.

Kunjungan kenegaraan Raja Salman berlangsung pada 1-4 Maret 2017. Setelah itu, Raja Salman dan rombongan akan berlibur ke Bali pada 4-9 Maret 2017.

Topik yang akan dibahas dalam pertemuan kenegaraan itu sendiri, antara lain penambahan kuota jemaah haji, peningkatan wisatawan Timur Tengah ke Indonesia, hingga perlindungan warga negara Indonesia yang bermukim di Arab Saudi (ubaid/detik)