Nasional

Kunjungi Pesantren Tebuireng, Dubes AS Dorong Santri Belajar ke Amerika

Kamis, 02 Maret 2017 20:55 wib

...

Jombang – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr berpesan kepada santri Madrasah Mualimin Tebuireng Jombang agar tekun belajar jika ingin mendapatkan beasiswa ke negeri Paman Sam.

Hal itu dilontarkan Donovan saat mengunjungi serta berdialog dengan santri Madrasah Mualimin Tebuireng, Pesantren Tebuireng, Jombang, Kamis, 2 Maret 2017.

“Kalian bisa mendapatkan informasinya dari perwakilan kami di Surabaya dan Malang,” ungkap pria yang baru empat bulan menjadi Dubes Amerika Serikat untuk Republik Indonesia ini.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes AS bersama rombongan disambut Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid dan Nyai Hj Farida Salahuddin. Setelah memasuki Dalem Kasepuhan Tebuireng, Donovan dan Gus Sholah tampak terlibat dalam obrolan yang sangat gayeng.

Mereka berdialog tidak kurang dari satu jam. Kemudian melanjutkan agenda tabur bunga di pusara KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Terakhir, rombongan melanjutkan kunjungan ke Madrasah Muallimin Tebuireng.

Di madrasah tersebut, Donovan mengamati proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan berdialog dengan para santri. Mei Chou Wu, istri Dubes Donovan, tampak tertarik mengamati para santri yang sedang mendiskusikan materi fikih keluarga.

Acara ditutup dengan dialog antara Dubes AS dengan santri Mualimin. Puas berdialog dengan santri, Gus Sholah menjelaskan kepada Dubes Donovan tentang profil Madrasah Muallimin. “Di sini, para santri fokus pada kajian keislaman ala pesantren. Mereka inilah yang dipersiapkan untuk menjadi kiai-kiai di masa depan,” tutur Gus Sholah.

Agenda Dubes Donovan ini merupakan kunjungan kerja pertamanya di Jawa Timur. Tampak mendampingi, Konsul Jenderal AS di Surabaya Heather Variava dan beberapa staf kedubes AS. Sementara itu, Gus Sholah didampingi oleh Wakil Pengasuh KH Abdul Hakim Mahfudz, Sekretaris Utama KH Abdul Ghofar, dan beberapa mudir (direktur) di lingkungan Pesantren Tebuireng. (ubaid)