Nasional

Sembilan Kiai Pimpin Ribuan Santri Membaca Kitab Kuning

Minggu, 22 Oktober 2017 22:21 wib

...
Para santri mengaji Kitab Kuning di GOR Delta Sidoarjo (santrinews.com/ist)

Sidoarjo – Tepat pukul 14.00 WIB, Ahad, 22 Oktober 2017, puncak Peringatan Hari Santri Nasional di GOR Delta Sidoarjo dimulai. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Syubbanul Wathon.

Setelah pembukaan, Rsis Aam PBNU KH Ma’ruf Amin serta sembilan Kiai Pemimpin Pondok Pesantren di Jatim membaca mukadimah kitab Nashaihul Ibad. Kitab ini dibaca bergantian, dipimpin para ulama, disimak ribuan santri di tengah stadion maupun di tribun stadion.

Adapun sembilan kiai itu KH Nurul Huda Jazuli (Ploso Kediri), KH Anwar Manshur (Lirboyo Kediri), KH Ubaidillah Faqih (Langitan), KH Nawawi Abdul Jalil (Sidogiri Pasuruan), KH Azaim Ibrohimi (Situbondo), KH Kholil As’ad Syamsul Arifin (Situbondo), KH Fahrial Aschal (Bangkalan Madura), KH Sholeh Qosim (Sidoarjo), dan KH Agoes Ali Mashuri (Bumi Shalawat Sidoarjo).

Tidak hanya membaca, para kiai juga menerjemahkannya dengan Bahasa Jawa, seperti cara khas mengaji di Pondok Pesantren.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf yang hadir pada acara itu mengatakan, membaca kitab kuning dengan peserta ribuan ini baru pertama kali di Indonesia.

Menurut dia, hal ini bisa menjadi momentum melestarikan tradisi membaca kitab dan memasyarakatkan literasi kitab-kitab keagamaan.

“Momentum ini sangat bagus dan baru satu-satunya di Indonesia. Ini sangat baik untuk melestarikan literasi membaca kitab kuning sebagai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Nashaihul Ibad adalah salah satu kitab karangan Syekh Nawawi yang memiliki nama lengkap Abu Abd al-Mu`ti Muhammad ibn Umar Al-Tanara Al-Jawi Al-Bantani. Ia lebih dikenal dengan sebutan Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani.

Kitab ini bertemakan tasawuf atau sufi yang dalam penyajiannya sangat sederhana dan langsung pada pokok masalah sehingga memudahkan setiap pembaca untuk memahaminya. Kitab ini membahas tentang bagaimana berbuat baik di dunia. (shir/ss)