Nasional

Istri Rais Aam PBNU 1984-1991, Nyai Nihayah Achmad Shiddiq Wafat

Jum'at, 11 Januari 2019 08:00 wib

...
KH Achmad Shiddiq dan Nyai Hj Nihayah Achmad Shiddiq (santrinews.com/ist)

JemberInna lillahi wa inna ilaihi raji’un, istri Rais “˜Aam PBNU 1984-1991 KH Achmad Shiddiq, Nyai Hj Nihayah Achmad Shiddiq, telah berpulang ke pangkuan Allah.

Ia wafat di Rumah Sakit Jember Klinik, Kamis malam, 10 Januari 2019, dalam usia 86 tahun.

Informasi tersebut disampaikan dan disebarluaskan oleh Ketua PBNU H Robikin Emhas melalui akun Twitter miliknya. “Semoga Allah SWT ridha terhadap segenap amal bakti beliau. Amin,” ujarnya.

Tidak ada satu pesanpun yang ia sampaikan menjelang kepergiannya ke alam barzah. “Kayaknya tidak ada (pesan),” kata salah seorang cucunya, Gus Baiqun, di Jember, Jumat pagi, 11 Januari 2019.

Almarhumah sudah lama tak beraktifitas karena umur yang menua ditambah penyakit yang dideritanya. “Beliau sudah 3 tahun sakit, dan sulit bicara,” tukasnya.

Nyai Nihayah cukup lama mendampingi KH Achmad Shiddiq. Sebab, istri pertama KH Achmad Shiddiq meninggal saat masih usia muda. Seperti diketahui, KH Achamd Shiddiq menikah dua kali.

Istri pertamanya bernama Nyai Sholihah, dikarunia 4 putra dan 1 putri. Setelah ditinggal wafat Nyai Sholihah, KH Achmad Shiddiq mempersunting Nyai Nihayah, yang tak lain merupakan adik kandung (ketiga) Nyai Sholihah.

“Dari istri pertamanya, ada yang meninggal saat masih bayi, namanya Anis. Sedangkan dari istri kedua (Nyai Nihayah) punya 8 anak, ada yang meninggal satu saat masih kecil,” ujarnya.

Nyai Nihayah bukan cuma pendamping setia KH Achmad Shiddiq dalam suka dan duka, tapi juga seorang perempuan tangguh yang punya aktifitas tinggi, khususnya dalam membina umat.

Di usianya yang senja, ia masih berkeliling menyambangi umat, memberikan pengajian dan sebagainya. Nyai Nihayah pernah menjabat Ketua Muslimat NU Jember dan menjadi salah satu penggagas berdirinya rumah sakit Muna Parahita.

Bahkan saat era reformasi, Nyai Nihayah pernah menjadi anggota DPRD Jember dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (shir/nuo)