Syaikh Qardhawi Hadiri Muktamar Imam Masjid Se-Dunia di Riau

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi (dok/santrinews.com)

Jakarta – Para Imam Besar Masjid Se-Dunia, 2 hingga 6 Desember 2013 mendatang, akan berkumpul di Pekanbaru, Riau. Syaikh Yusuf Al Qaradhawi, juga dipastikan akan hadir.

Situs resmi Syaikh Yusuf Al Qaradhawi, qaradawi.net, menyebutkan, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri telah mengundang ulama terkemuka asal Mesir itu untuk ikut serta memberikan pencerahan dalam acara Muktamar Internasional Peranan Masjid tersebut.

Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, KH Abdurrahman Qaharuddin, menilai Riau dipilih sebagai tuan merupakan sebuah kehormatan. Ia berharap, muktamar nanti melahirkan rekomendasi berharga bagi kemajuan Islam di dunia, terutama di wilayah Riau.

Ia menjelaskan, muktamar itu adalah forum untuk menyamakan visi dan persepsi, sehingga bisa meminimalisir konflik di tengah umat Islam sendiri.
Karena itu, muktamar ini digelar bertujuan untuk menyamakan pandangan mengenai peran para imam masjid dalam membangun peradaban umat serta menekankan perlunya kerja sama dalam program antar para imam di seluruh dunia.

Menurut Abdurrahman, selama ini, perbedaan persepsi dan pemahaman dari kalangan imam masjid seringkali menjadi pemicu konflik. Seharusnya, perbedaan justru dijadikan sebagai pemersatu antara satu dengan yang lainnya.

Muktamar yang akan dihadiri para imam di Masjid Al Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al Aqsha serta para imam masjid terkenal dari negara-negara Islam di dunia, ini, kata Abdurrahman, jelas memiliki makna penting bagi umat Islam. Sebab, menurutnya, imam di dalam Islam, memiliki posisi penting sebagai pemersatu umat Islam.

Bahkan, menurutnya, muktamar ini harus menjadi momentum sebagai tonggak kebangkitan Islam. Ñ’Ini momen besar bagi Islam, karena itu harus dijadikan sebagai tonggak kebangkitan Islam di dunia,Ò’ ujarnya, seperti dilansir Riau Pos, Kamis, 21 November 2013. (hero/ahay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network