Nasional

83 Ulama Sufi Dunia-2000 Mursyid Thariqah Sejukan NKRI

Sabtu, 06 April 2019 01:00 wib

...
Rais 'Aam Idarah Aliyah JATMAN Habib Luthfi bin Yahya bersama para ulama sufi (santrinews.com/istimewa)

Pekalongan – Jamiyyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) kembali akan menggelar Konferensi Ulama Sufi Internasional atau Al-Muntada as-Sufy al-Alamy, di Pekalongan Jawa Tengah, pada 8-10 April 2019.

Sebanyak 83 ulama sufi dari 40 negara sudah mengkonfirmasi akan hadir. Selain ulama luar negeri, ratusan ulama dalam negeri juga diundang.

“Ada 83 ulama luar negeri dan ratusan ulama dalam negeri yang siap hadir di Pekalongan untuk mengikuti Konferensi Ulama Sufi Internasional tahun 2019,” kata Sekretaris Umum Panitia Pusat, Mashudi.

Baca juga: Ulama Sufi dan Tradisi Minum Kopi

Rencananya, para ulama dari luar negeri akan menginap di Hotel Horison dan Hotel Santika Pekalongan. Sedangkan pemondokan untuk para ulama dari dalam negeri akan berada di rumah-rumah warga di Kota dan Kabupaten Pekalongan.

Mashudi menjelaskan, rencananya konferensi akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu, di Pendopo Kabupaten Pekalongan di Kajen, Senin, 8 April 2019.

Rangkaian kegiatan konferensi akan terbagi dalam empat sidang komisi, terdiri dari Komisi A (Ulama Luar Negeri), Komisi B (Tasawuf), Komisi C (Ekonomi), dan Komisi D (Fiqih). Sidang-sidang komisi ini akan berlangsung mulai 8-9 April dan dilaksanakan di empat titik: dua titik di Kajen Kabupaten Pekalongan dan dua lagi di di Kota Pekalongan.

Perinciannya, sidang Komisi C akan digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen, sidang Komisi D di Pendopo Kabupaten Pekalongan, sementara sidang Komisi A bertempat di Hotel Santika, sedangkan sidang Komisi B di Hotel Horison, Kota Pekalongan.

“Dijadwalkan, kegiatan konferensi akan ditutup oleh Menteri Agama RI pada Rabu 10 April 2019 di Pendopo Kabupaten Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Baca juga: 50 Ulama Dunia Hadiri KTT Cendekiawan Muslim di Bogor Bahas Islam Moderat

Hingga saat ini tamu undangan dari luar negeri sudah mulai berdatangan. Di antaranya Mufti Syiria Syech Adnan Al-Afyaoni serta dua ulama lain dari Maroko dan Libanon.

Rais ‘Aam Idarah Aliyah JATMAN Habib Luthfi bin Yahya menyampaikan, konferensi sufi ini akan diikuti oleh para sufi dari 91 negara dan sekitar 2000 Mursyid Thariqah yang ada di Indonesia.

Habib Luthfi berharap acara ini akan menjadi penyejuk bagi NKRI yang sedang menghadapi pemilu. “Semoga ini juga menjadi penyejuk untuk menghadapi pilpres. Diberi segala ketenangan, ketenteraman oleh Allah SWT,” tegasnya.

Sementara itu, Syech Adnan mengapresiasi acara konferensi sufi internasional ini sebagai yang terbesar se-dunia. Syech Adnan juga memberikan penghormatan kepada Habib Luthfi sebagai pencetus ide konferensi sufi yang menyatukan ulama seluruh dunia. (us/nuo)