Nasional

Dinobatkan Tokoh Perubahan, Yenny Wahid: Keberkahan Demi Kemanusiaan

Kamis, 25 April 2019 05:30 wib

...
Pendiri The Wahid Foundation Yenny Wahid sambutan di malam anugerah Tokoh Perubahan Republika 2018 (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Pendiri sekaligus Direktur Utama The Wahid Foundation Zannuba Arifah Chafsoh alias Yenny Wahid, mengatakan, perubahan adalah anak kandung dari waktu. Ketika waktu berdetak, maka perubahan bergerak di sampingnya. Tetapi, waktu tidak bisa memaksa perubahan untuk bergerak menuju kebaikan.

“Kitalah yang bisa membimbing dan menuntunnya agar waktu dan perubahan yang tercipta menjadi perubahan yang membawa keberkahan demi kemanusiaan,” kata Yenny pada malam Anugerah Tokoh Perubahan Republika 2018, di Djakarta Theater Jalan MH Thamrin No 9 Jakarta, Rabu malam, 24 April 2019.

Yenny bersama empat tokoh inspiratif lainnya dinobatkan sebagai tokoh Perubahan Republika 2018. Keempat tokoh tersebut yakni Rustamaji (Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Papua), Bahlil Lahadalia (Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia/HIPMI), Ustadz HM Jazir ASP (Ketua Takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta), dan Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB).

Baca juga: Yenny Wahid Dinobatkan sebagai Tokoh Perubahan 2018

Menurut Yenny, saat ini bangsa Indonesia berada dalam situasi dunia di mana perbedaan justru diglorifikasi. Sementara titik temu justru dihindari. “Ini tantangan besar kita semua umat manusia. Tantangan yang harus kita hadapi bersama. Apalagi setelah hajatan politik yang membuat capek semua di mana perbedaan menjadi semakin menganga,” ujar Yenny.

Oleh karena itu, sambung Yenny, kita perlu melakukan langkah-langkah bersama untuk mengkondisikan bangsa ini bisa rekat kembali. “Kami dari Wahid Foundation melakukan upaya-upaya kecil untuk bisa berkontribusi mencoba merekatkan kembali bangsa ini,” tegas putri kedua Gus Dur ini.

Baca juga: Yenny Wahid: Raja Salman Akui Peran Indonesia bagi Perdamaian Dunia

Hadir dalam malam penganugerahan tersebut, para tokoh dan pejabat tinggi negara. Antara lain Ibu Negara keempat RI Nyai Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Ketua Mahkmah Konstitusi 2008-2013 Moh Mahfud MD, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ustaz Yusuf Mansur, dan Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja juga hadir antara lain Mensesneg Pratikno, Seskab Teten Masduki, Menkominfo Rudiantara, Mensos Agus Gumiwang, Menaker M Hanif Dhakiri, Mendes Eko Putro Sanjoyo, Menhub Budi Karya, Mentan Amran Sulaiman, KSP Moeldoko, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf. (us/red)