Nasional

UIN Riau Layangkan Surat Pemanggilan Terakhir ke Ustadz Abdul Somad

Rabu, 06 November 2019 04:30 wib

...
Ustadz Abdul Somad (santrinews.com/istimewa)

Riau – Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau kembali melayangkan surat pemanggilan terhadap Ustaz Abdul Somad atau UAS. Surat pemanggilan ini terkait pengunduran diri UAS sebagai dosen PNS di perguruan tinggi tersebut.

Pemanggilan melalui surat ketiga telah dilakukan pada 31 Oktober 2019. Pemanggilan ini adalah yang terakhir dilakukan oleh pihak rektorat.

“Surat ketiga sudah dilayangkan dan ini akan menjadi surat terakhir pemanggilan UAS,” kata Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian UIN Sultan Syaruf Kasim Riau, Ahmad Supardi, Selasa 5 November 2019.

Pihak kampus telah menjadwalkan menunggu kehadiran pendakwah kondang tersebut pada 6 November 2019. “Kita telah jadwalkan untuk menunggu kehadirannya,” ujar Wakil Rektor II itu.

Ia menjelaskan pihak rektorat berharap UAS dapat memenuhi panggilan dan hadir. Sebab, upaya ini dilakukan karena pihak rektorat ingin mendengarkan klarifikasi UAS secara langsung.

“Pemanggilan ini untuk mendengarkan klarifikasi UAS secara langsung,” lanjut Ahmad.

Sebelumnya, pihak rektorat menerima surat perihal pengunduran diri UAS. Diduga alasannya karena kesibukan dalam jadwal dakwahnya yang padat. Beberapa hari kemudian pihak rektorat UIN melakukan pemanggilan terhadap UAS melalui surat panggilan pertama dan kedua.

Tapi, dua pemanggilan itu belum bisa dipenuhi UAS. Pemanggilan ketiga ini akan menjadi yang terakhir sebelum pihak UIN mengambil sikap.

Sebelumnya, kabar mengejutkan UAS karena mundur sebagai dosen PNS dari UIN Sultan Syarif Kasim pada pertengahan Oktober 2019. UAS sudah 8 tahun sebagai dosen pengajar.

Pihak UIN Riau pada akhir Oktober 2019 juga sudah melayangkan surat pemanggilan kedua terhadap UAS. Rektorat sejauh ini belum mengetahui secara jelas alasan UAS mengundurkan diri. (shir/viva))