Politik

Koalisi PKB-Golkar Punya Kans Besar Menangi Pilkada Tuban

Jum'at, 19 Juni 2020 21:00 wib

...
Dr Freddy Poernomo, politisi senior Partai Golkar (santrinews.com/istimewa)

Surabaya – Penjajakan kolisi PKB dan Partai Golkar dalam Pilkada Tuban disambut positif oleh internal kedua partai politik terbesar di Bumi Wali itu. Bahkan tokoh senior Partai Golkar, Freddy Poernomo yakin koalisi PKB dan Golkar punya kans besar untuk memenangi Pilkada Tuban.

“Kans dan peluang menangnya cukup besar kalau PKB dan Golkar berkoalisi di Pilkada Tuban,” kata Freddy, di Surabaya, Jumat 19 Juni 2020.

Menurut mantan Ketua Harian DPD Partai Golkar Jawa Timur ini, Tuban basis masyarakatnya religius (agama) dan nasionalis (mataraman). Namun ia mengingatkan tidak semata-mata terjebak dengan dua kepentingan tersebut.

Menurut mantan anggota DPRD Jatim dari daerah pemilihan Bojonegoro dan Tuban ini, kultur kebangsaan jauh lebih penting (Bhineka Tunggal Ika).

Secara realita kekuatan dua Parpol, PKB dan Golkar ini menjadi tolak ukur pemenangan. Hal ini mengacu dari modal dasar strategi pemenangan pilkada. PKB memiliki 15 Kursi, sementara Golkar 9 Kursi.

Dengan begitu modal politiknya besar, tidak hanya untuk ikut kontestasi tapi juga memenangkan kontestasi di pilkada Tuban.

“Kebetulan kalau yang jadi diusung Khozanah Hidayati (PKB) dan Aditya Halindra Faridzky (Golkar), saya kenal betul keduanya. Kalau mereka berdua bisa koalisi, Insyaallah peluang untuk menang besar,” imbuh Doktor dari Fakultas Hukum Unair tersebut.

PKB juga menyambut positif proses penjajakan koalisi menjelang Pilkada Tuban. Menurut Anik Maslachah, Wakil Ketua DPW PKB Jatim membangun demokrasi adalah tanggungjawab bersama. Maka koalisi adalah sebuah proses mencerdaskan warga masyarakat dalam demokrasi.

Anik melanjutkan, bagi PKB koalisi dengan siapa pun boleh asal ketemu dalam satu visi. Wakil Ketua DPRD Jatim ini menegaskan visi PKB adalah mensejahterakan kehidupan seluruh lapisan masyarakat, apa pun suku, golongan, partai, maupun agama. Kemanusiaan bagi PKB di atas segalanya.

“Dalam kontestasi pilkada di 19 kabupaten/kota se-Jatim, PKB membuka secara lebar untuk bisa berkoalisi dengan partai apapun. Terpenting ketemu dalam satu visi, termasuk di pilkada Tuban,” pungkas politisi asli Sidoarjo ini. (red)