Politik

DPRD Jatim: Pers Nyawa Demokrasi

Rabu, 10 Februari 2021 11:30 wib

...
Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Anik Maslachah (santrinews.com/istimewa)

Surabaya – Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Menurutnya, pers merupakan nyawa dari informasi untuk membangun bangsa.

“Semoga insan pers selalu menjaga protokol kesehatan dalam menjalankan tugas sebagai seorang wartawan. Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia,” kata Anik di Surabaya, Rabu 10 Februari 2021.

Baca juga: Sikapi Surat Kiai Sepuh, PKB Jatim: Sebagai Santri, Kami akan Sowan

Menurut dia, pers merupakan garda terdepan sebagai pilar demokrasi. Salah satu nilai demokrasi adalah kebebasan berpendapat dan beropini. Di sini pers berperan. Pers memberikan edukasi, kontrol sosial, dan kritik kepada pemerintah.

“Pers tidak hanya menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah, namun pers sebagai media penyalur aspirasi yang datang dari masyarakat,” kata mantan Ketua PC IPPNU Sidoarjo ini.

Di tengah maraknya hoaks, Ia berharap pers hadir menjadi pencerah dan alternatif media informasi terpercaya.

“Pers harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun dan mengedukasi masyarakat dan terutama harus profesional bebas dari hoax,” kata Sekretaris DPW PKB Jawa Timur ini.

Pers juga diharapkan turut ikut membantu program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, dengan menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah, seperti kebijakan PPKM berskala mikro seraya mengedukasi masyarakat untuk mematuhi kebijakan tersebut.

“Pers harus dapat menjadi penyambung informasi yang objektif kepada masyarakat,” pungkasnya. (rus)