Politik

Peringati Harlah NU, PKB Jatim-Kiai Sepuh Istighotsah untuk Keselamatan Bangsa

Minggu, 21 Februari 2021 13:30 wib

...

Surabaya – Peringatan Harlah ke-98 Nahdlatul Ulama (NU) tahun ini digelar di tengah musibah dan bencana yang bertubi-tubi mendera Indonesia. Perlu ikhtiar lahir dan batin agar musibah segera berakhir.

Sebagai salah satu ikhtiar batin, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur memperingati Harlah NU dengan menggelar istighotsah bersama demi keselamatan bangsa.

Baca juga: 25 November Hari Guru: PKB Ingatkan Pemerintah Soal Nasib Guru Ngaji

Istighasah doa bersama dengan para kiai sepuh NU di Gedung Graha Gus Dur kantor DPW PKB Jatim, Sabtu, 20 Februari 2021, dan diawali dengan pemberian santunan anak yatim. Diikuti jajaran pengurus DPW PKB Jatim, Fraksi PKB DPR RI dari Dapil Jatim, dan Fraksi PKB DPRD Jatim.

“Peringatan Harlah NU sekarang ini mengambil tema menyongsong satu abad, meneladani mu’assis menuju kemandirian NU,” kata Ketua DPW PKB Jatim H Abdul Halim Iskandar saat sambutan.

Menurut Gus Halim –sapaan akrabnya, satu abad NU harus menjadi titik balik menuju pengembangan organisasi yang lebih baik. Kemandirian NU harus menjadi gerakan bersama bagi kader-kader NU baik struktur maupun non struktur. “Termasuk kader NU yang berkhidmat melalui partai politik,” tegasnya.

Istighotsah tersebut digelar baik secara offline maupun daring. Secara langsung, acara tersebut dihadiri dan dipimpin Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar. Tampak hadir Ketua Umum DPP PKB HA Muhaimin Iskandar dan wakil ketua umum Jazilul Fawaid.

Hadir juga dari PWNU Jawa Timur, diantaranya KH Anwar Mansyur (Rais), KH Anwar Iskandar (Wakil Rais), KH Syarifudin Syarif (Katib), KH Marzuki Mustamar (Ketua), KH Abdusalam Shohib (Wakil Ketua), dan Akh Muzakki (Sekretaris).

Adapun pengurus DPC, DPAC PKB dan anggota Fraksi PKB se-Jawa Timur, mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.

“Istighotsah kali ini kita laksanakan dengn sedehana dalam bentuk istighatsah untuk kita hadiahkan doa pada para mu’assis NU sembari ngalap barokah mengambil uswah hasanah dari perjuangan para mu’assis NU juga dimaksudkan untuk keselamatan bangsa dari berbagai bencana,” kata Gus Halim.

Baca juga: Muktamar PKB di Bali Bahas Tiga Isu Strategis

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah menambahkan, ada beberapa agenda kegiatan dalam rangkaian memperingati Harlah NU tahun ini. Selain Istighotsah juga mengadakan lomba video kreatif “Desa Bangkit”.

Ia menjelaskan, melalui lomba ini diharapkan menemukan best practictice dalam menguatkan kapasitas sosial dan perekonomian masyarakat desa.

“Sekaligus ajang promosi bagi desa yang mampu mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki, seiring munculnya banyak desa wisata sebagai salah satu Langkah solutif dalam melakukan recovery ekonomi akibat pandemi,” kata Anik. (rus/onk)