Politik

Tahapan Konvensi Capres Versi Demokrat

Senin, 20 Mei 2013 13:11 wib

Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana mengatakan konvensi penjaringan calon presiden Partai Demokrat akan digelar dalam dua tahap. “Setiap tahap akan melibatkan masyarakat secara terbuka,” kata Sutan di kompleks parlemen Senayan, Senin, 20 Mei 2013 seperti disampaikan Tempo.

Menurut Sutan proses penjaringan akan dimulai pada Juni 2014 nanti. Partai akan membentuk tim seleksi yang bertugas memilih tokoh-tokoh yang sesuai untuk diusung menjadi calon presiden. Dalam menseleksi calon, tim seleksi akan membidik sejumlah nama. “Jadi rupanya bukan orang yang mendaftar tapi tim nanti yang akan mengundang dan menawarkan posisi capres para tokoh yang mumpuni.”

Sutan memperkirakan akan ada sekitar tujuh hingga delapan calon presiden yang terjaring pada seleksi pertama. Selanjutnya para calon akan diberi kesempatan selama empat bulan untuk berkampanye dan melakukan sosialisasi di seluruh daerah. Kampanye tahap satu digelar dari September-Desember 2013. “Terakhir nanti kami akan gelar survei oleh tiga lembaga survei untuk mengukur elektabilitas para calon. Rakyat yang langsung memilih.”

Dari hasil survei, partai lantas menjaring para calon menjadi setengahnya. Mereka yang diikutkan dalam tahap berikutnya adalah yang memperoleh suara paling banyak. Pada tahap kedua empat hingga lima calon tersisa akan diminta kembali melakukan kampanye terbuka selama empat bulan berikutnya antara Januari hingga April 2014.

Pada April 2014, kembali partai akan menggelar survei untuk mencari capres yang paling banyak mendapat dukungan publik. Selanjutnya capres yang akan didukung partai untuk maju dalam pemilihan presiden September 2014 akan ditentukan oleh Majelis Tinggi. “Capres terbaik dan paling diminati publik yang akan kami dorong supaya capres yang didukung benar mewakili kemauan publik.”

Saat ini, kata Sutan, Demokrat baru membidik beberapa calon untuk menjadi capres. Dari internal, undangan mengikuti konvensi sudah disampaikan langsung oleh Ketua Umum, Susilo Bambang Yudhoyono pada Marzuki Alie. Marzuki saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Tinggi dan Ketua DPR. Sedang dari eksternal ada nama Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Irman Gusman, Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan. Partai kata Sutan juga masih mempertimbangkan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud Md. “Kami kini masih mempertimbangkan sejumlah calon lain.” (saif/ahay)