Konflik PPP

Temui Kiai Sepuh, Romy Jelaskan Hasil Muktamar Surabaya

Kediri – Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil muktamar Surabaya silaturahim ke sejumlah kiai sepuh di Kediri, Jawa Timur, untuk sosialisasi hasil muktamar.

“Kami berikan informasi pada ulama dan kiai yang memang ini otoritas kultural di PPP. Kami berikan penjelasan apa yang terjadi di Surabaya ataupun Jakarta,” kata Ketua Umum DPP PPP Romahurmuzy kepada wartawan di Kediri, Kamis 6 Nopember 2014.

Romy – panggilan Romahurmuzy – yang ditemui saat silaturahim ke Pondok Pesantren Asshidiqiyyah, Jamsaren Kota Kediri mengatakan kepengurusannya terus berusaha untuk merangkul semuanya, termasuk kepengurusan partai kubu Suryadharma Ali.

“Kami terus buka pintu unuk bergabungnya dengan kepengurusan hasil Muktamar Surabaya. Untuk islah, harus ada kerelaan kedua belah pihak, ada penerimaan atas segala sesuatu yang ada,” ujarnya.

Dalam islah, lanjut dia, seperti dilansir Antara, yang sedikit bisa bergabung dengan yang banyak, begitu juga yang tidak sah bisa bergabung dengan yang sah. Sampai saat ini, komunikasi terus dilakukan agar tercipta kekeluargaan.

Ia menyadari, adanya islah itu memerlukan waktu. Hal itu berkaca pada adanya konflik di tubuh PKB, antara Muhaimin Iskandar dengan Yenny Wahid. Konflik itu berkepanjangan sampai 2,5 tahun. Namun, ia yakin ke depan akan tercipta hubungan yang lebih bersifat kekeluargaan.

Ia mengaku, sengaja berkunjung ke Kediri, bertemu dengan sejumlah kiai seperti di Pesantren Ploso, Kabupaten Kediri bertemu dengan pengasuh pondok, KH Nurul Huda Djazuli dan KH Zainudin Djazuli, ke Pesantren Asshidiqiyyah, Jamsaren Kota Kediri bertemu KH Anwar Iskandar, serta ke Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Besuk Pasuruan bertemu KH Mas Subadar.

Romy datang dengan sejumlah pengurus DPP PPP versi muktamar Surabaya, serta jajaran pengurus DPW PPP Jatim, seperti Ketua DPW PPP Jatim Musyafak Noer. Selain itu, sejumlah legislatif dari partai ini juga ikut hadir.

Di Kediri, Romy mengaku sengaja mendatangi para kiai tersebut. KH Anwar Iskandar merupakan salah satu kiai yang berada di partai ini, sehingga ia dengan rombongan sengaja silaturahim.

Rencananya, selain ke Kediri, para pengurus juga akan silaturahim ke sejumlah daerah di Indonesia, seperti Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), serta sejumlah daerah di Indonesia lainnya. (saif/ahay)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network