Politik

Prabowo Bersikukuh Nyapres

Kamis, 30 Mei 2013 14:21 wib

...
Prabowo Subianto. (knibonline.files.wordpress/santrinews)

Jakarta – Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, tetap akan maju sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden 2014. Meski namanya tak semoncer Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam survei pemilihan presiden, Prabowo mengatakan dia maju sebagai calon presiden karena memperoleh dukungan rakyat.

“Saya akan tetap maju. Masak enggak maju kalau dapat dukungan rakyat,” kata Prabowo saat menghadiri sebuah seminar di Jakarta, Kamis, 30 Mei 2013. Dia optimistis dengan pencalonannya ini. “Rakyat yang akan memutuskan,” kata mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu.

Pada Pemilu 2009, Prabowo menjadi calon wakil presiden berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri. Disinggung mengenai koalisi dengan PDI Perjuangan, Prabowo belum bisa memastikan. Dia seperti dilansir Tempo, menyatakan, komunikasi dengan Partai Banteng dan partai lain terus berjalan. “Politik itu dinamis. Kita lihat saja nanti,” kata dia.

Sejumlah partai politik memang sudah memutuskan calon presiden yang akan diusung. Golkar, misalnya, akan mengusung Aburizal Bakrie sebagai calon presiden. Partai Hanura akan mengusung Ketua Umum Wiranto dan Gerindra akan mengusung Prabowo.

Sedangkan Partai Demokrat akan melakukan konvensi guna menjaring calon presiden. Sementara itu, calon presiden PDI Perjuangan akan ditentukan oleh Megawati Soekarnoputri. Megawati sendiri sudah membuka peluang munculnya calon muda dari PDI Perjuangan. Jokowi merupakan salah satu nama kader PDI Perjuangan yang tingkat elektabilitasnya tinggi. (saif/ahay)