Politik

Banyak Kejutan Politik, Belasan PAC Hanura Merapat ke HAFASS

Senin, 23 November 2015 16:57 wib

...
Belasan Pengurus Anak Cabang Partai Hanura Situbondo saat menyerahkan surat pernyataan dukungan kepada calon bupati KH Abdul Hamid Wahid, di kantor DPC PPP Situbondo (santrinews.com/ist)

Situbondo – Konstelasi politik di Situbondo menjeang pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang, masih terus diwarnai berbagai kejutan. Setelah puluhan pengurus dari 17 PAC PKB menyatakan eksodus ke PPP dan mendukung pencalonan KH Abdul Hamid Wahid – LH Fadil Muzakki Syah.

Kali ini, langkah serupa juga dilakukan belasan Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Hanura Situbondo. Sedikitnya, terdapat 11 PAC dan sejumlah pengurus DPC Hanura juga memilih merapat ke HAFASS (Hamid – Fadil Situbondo Sejahtera).

Pernyataan sikap 11 PAC Hanura itu disampaikan langsung di kantor DPC PPP Situbondo, Ahad, 22 Nopember 2015. Sikap belasan PAC dan sebagian pengurus DPC Hanura melabuhkan dukungannya kepada paslon nomor urut 2 itu, bukan tanpa alasan. Di antaranya, karena pasangan Hamid – Fadil dinilai lebih memiliki kemampuan untuk memajukan Kabupaten Situbondo.

“Sejak awal, kami pengurus PAC-PAC ini sudah menyatakan sikap mendukung HAFASS. Karena kemampuan dan pengalamannya, kami optimis pasangan Hamid – Fadil akan mampu melakukan perubahan di Situbondo ke arah yang lebih baik dan berkualitas,” tegas Hardi Susanto, Ketua PAC Hanura Panji.

Sikap belasan PAC ini tentu saja bertentangan dengan sikap politik DPC Hanura, yang telah menjatuhkan dukungannya kepada paslon lain. Namun, oleh 11 PAC dan sebagian pengurus DPC, sikap DCP itu justru dinilai menyalahi ketentuan partai. Sebab sikap politik diambil tanpa melibatkan seluruh jajaran pengurus DPC dan PAC Hanura di Situbondo.

“Sikap politik DPC itu hanya melibatkan sebagian kecil pengurus saja. Saya sebagai Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) DPC Hanura Situbondo juga tidak pernah diajak bicara masalah sikap politik tersebut,” timpal Armito.

Sikap politik DPC Hanura mendukung paslon lain itu, sambung Armito, justru menguatkan tekadnya bersama belasan PAC Hanura untuk ikut bergabung dalam mesin politik HAFASS.

Armito bahkan langsung menginstruksikan, agar 11 PAC Hanura segera melakukan manuver untuk membantu upaya pemenangan paslon HAFASS, di Kecamatannya masing-masing. “Siap, kami sanggup membantu memenangkan HAFASS. Kami tidak takut sanksi yang akan diberikan oleh DPC. Sekalipun bentuknya pemecatan,” tegas Syaiful, Ketua PAC Hanura Jangkar.

Pernyataan sikap politik 11 PAC dan sejumlah pengurus DPC Hanura, diterima langsung oleh Cabup KH Abdul Hamid Wahid, di kantor DPC PPP Situbondo. Menurut Gus Hamid -sapaan akrabnya, bergabungnya belasan PAC Partai Hanura tersebut, tentu akan menambah kekuatan HAFASS. Sehingga pihaknya semakin optimis dapat memenangkan Pilkada Situbondo, pada 9 Desember mendatang.

“Bergabungnya mereka dengan HAFASS, karena cenderung ada kesamaan visi dan misi dalam melihat kebutuhan Kabupaten Situbondo. Yakni, kebutuhan kepada perubahan ke arah yang lebih baik dan berkualitas,” tandas pria yang dua kali menjabat anggota DPR RI tersebut.

Sementara sehari sebelumnya, juga terdapat 600-an perempuan lintas elemen di Kecamatan Banyuputih, yang mendeklarasikan diri sebagai relawan HAFASS. Para perempuan yang menamakan diri Putri Baluran itu juga menyatakan kesiapannya untuk memenangkan paslon HAFASS yang diusung PPP dan Partai Gerindra.

Acara deklarasi Putri Baluran itu digelar di Ponpes As-Salam asuhan KH Abdullah Tsabit Thoha, di Dusun Bindung Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih. “Kami kalangan perempuan tidak ingin hanya berpangku tangan. Kami juga menginginkan perubahan dan kesejahteraan. Karena itu, kami siap turun lapangan untuk ikut memenangkan HAFASS,” tandas aktivis Putri Baluran, Nyai Hj Uswatun Hasanah, sambil terus memekikkan salam 2 jari.

Gus Hamid yang ikut hadir dalam acara deklarasi itu sempat dibuat tertegun, dengan tingginya antusias dan banyaknya jumlah relawan perempuan yang hadir. Menurut cucu pendiri Ponpes Nurul Jadid Paiton – Probolinggo itu, acara deklarasi itu benar-benar di luar perkiraannya.

“Saya sampaikan banyak-banyak terima kasih. Mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan bersama, untuk menjadikan Kabupaten Situbondo lebih baik dan sejahtera, akan selalu mendapatkan ridho dari Allah,” ucap Gus Hamid, yang langsung diamini ratusan relawan Putri Baluran. (rus/onk)