Politik

Gus Ipul-Anas Pasangan Merah Putih untuk Indonesia

Minggu, 15 Oktober 2017 23:25 wib

...
Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas di Graha Gus Dur Kantor DPP PKB Jakarta Pusat (santrinews.com/ist)

JakartaPDIP resmi merekomendasikan Abdullah Azwar Anas sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Timur mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul yang diusung PKB untuk maju pada Pilgub Jatim 2018 nanti.

Pasangan Gus Ipul-Azwar Anas dinilai sebagai pasangan merah putih. Gus Ipul yang mantan ketua umum Gerakan Pemuda Ansor – salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama, disebut sebagai representasi kaum nahdliyin yang identik dengan warna hijau.

Sementara Azwar Anas yang merupakan kader PDI Perjuangan yang berbasis nasionalis. Azwar Anas sangat kental dengan unsur marhaenis. Ia menerapkan konsep Trisakti Soekarno dan paham dengan pandangan marhaenisme yang notabene merah. Gus Ipul-Anas adalah pasangan religius nasionalis.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarwno Putri enggan menyebut pasangan ini dengan simbol buah semangka. “Kalau saya bilang enggak mau, kalau saya maunya semangka merah di luar, hijau di dalam. Tapi kan belum ada, adanya selalu hijau di luar, merah di dalam, jadi saya bilang ini bukannya hijau atau merah, ini adalah merah-putih untuk Indonesia Raya,” kata Megawati saat menyampaikan sikap politiknya di DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad, 15 Oktober 2017.

Sekretaris Jendral DPP PKB Abdul Kadir Karding juga memandang pasangan Gus Ipul dan Azwar Anas sebagai representasi kaum agamis dan nasionalis. Keduanya menggambarkan kelompok politik mayoritas di Indonesia, terutama di Jatim.

“Ini pasangan agamis nasionalis. Maka kita bisa menyebut bahwa pasangan ini adalah pasangan merah putih. Dari Jawa Timur untuk Indonesia,” kata Karding ketika menerima Gus Ipul dan Azwar di Kantor DPP PKB Jakarta, pada hari yang sama.

Gus Ipul dan Azwar datang ke DPP PKB ditemani Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Baskara.

Terkait penetapan Azwar sebagai pendamping Gus Ipul, Karding mengatakan itu sepenuhnya kewenangan PDIP, PKB tak ikut campur.

Meski demikian, PKB menilai Azwar Anas sebagai sosok yang tepat untuk mendampingi Gus Ipul yang saat ini masih menjabat sebagai wakil gubernur Jatim.

“Azwar sudah kami kenal lama, aktivis, birokrat, track recordnya baik, dan mewakili generasi muda yang bisa kita jadikan ikon pemuda Jatim,” ujarnya. (us/hay)