Politik

Kepada Yusril, KH Said Aqil: Silakan Dukung Khofifah atau Gus Ipul, Sama Saja

Rabu, 28 Maret 2018 10:27 wib

...
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra silaturahmi dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj, di Kantor PBNU Jakarta, awal Maret 2018 lalu (santrinews.com/ist)

Jakarta – Partai Bulan Bintang (PBB) resmi memberikan dukungan terhadap pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan saran Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Baca: Pilgub Jatim, Panggung Pertarungan Gagasan Kader NU

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PBB Yusril Ihza Mahendra mengatakan, sebelum mengambil keputusan politik terlebih dahulu berkonsultasi kepada KH Said Aqil Sirodj.

“Monggo pak Yusril kalau mau dukung Bu Khofifah atau Gus Ipul sama saja. Karena sama-sama kader NU,” kata Yusril menirukan pesan Kiai Said Aqil, saat dikonfirmasi Rabu, 28 Maret 2018.

Baca juga: Kiai Pasuruan: Santri Sejati Gus Dur Pasti Dukung Khofifah

Diakui Yusril, dukungan pada Khofifah-Emil sesuai dengan yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Jawa Timur pada Sabtu, 24 Maret 2018, pekan lalu. Dalam waktu dekat, DPW PBB Jatim akan menyerahkan dukungan tersebut secara resmi pada Khofifah-Emil.

“Kita sudah singgung akan putuskan dukungan pada ibu Khofifah. Mekanisme selanjutnya ya pertemuan aja antaran DPW dengan pasangan calon,” ujar pakar hukum tata negara ini.

Baca Juga: Pesantren Genggong: Wajib Hukumnya Memilih Gus Ipul-Puti

Ia menegaskan, meski partainya hanya menjadi partai pengusung, pihaknya akan all out dalam memenangkan pasangan Khofifah-Emil. Bahkan, Yusril mengaku siap jika diminta menjadi juru kampanye dalam masa kampanye. “Kalau ada waktu yang cocok Insya Allah saya datang,” pungkasnya.

Pilgub Jatim 2018, diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah-Emil, dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Seokarno.