Pilgub Jatim 2018

Survei Alvara: Khofifah-Emil Unggul 6,1 Persen dari Gus Ipul-Puti

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali memaparkan survei di Hotel Oria, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa 22 Mei 2018 (santrinews.com/detik)

Jakarta – Alvara Research Center merilis hasil survei pemilihan calon Gubernur Jawa Timur 2018. Hasilnya, elektabilitas pasangan cagub-cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak meraih 48% dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno 41,9%.

Baca: Pilgub Jatim, Pertarungan Sengit Khofifah dan Gus Ipul

Pengambilan data survei dilakukan pada 29 April-5 Mei 2018 kepada 800 responden yang berusia 17 tahun ke atas dengan wawancara tatap muka. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dan mempunyai tingkat kepercayaan 95% serta margin of error +/- 3,46%.

“Khofifah-Emil meraih 48 persen dan Gus Ipul-Puti memperoleh 41,9 persen, yang belum memutuskan 10 persen. Bedanya, Khofifah unggul 6,1 persen dari Gus Ipul,” kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali saat memaparkan survei di Hotel Oria, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa 22 Mei 2018.

Baca Juga: Jelang Debat, Khofifah Ziarah Sunan Ampel, Gus Ipul Shalat Dhuha

Elektabilitas Khofifah-Emil mengalami lonjakan yang signifikan, yakni sebesar 11,1%. Sedangkan perolehan Gus Ipul-Puti mengalami penurunan sebesar 5,1%.

“Hasil ini cukup mengejutkan karena pada survei sebelumnya September 2017, elektabilitas Khofifah hanya 35,9 persen di bawah Saifullah Yusuf dengan 46,6 persen,” kata Hasanuddin.

Ada tiga alasan tingginya elektabilitas Khofiah-Emil. Pertama, menurut Hasanuddin, keduanya merupakan pasangan ideal, di mana Khofifah memiliki pengalaman serta Emil merupakan sosok generasi milenial dan intelektual.

Kedua, pemilih menilai program Khofifah-Emil lebih baik. Ketiga, pasangan ini dianggap pemilih memiliki kualitas lebih baik. (us/dtk)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network