Politik

Ziarah Makam KH Ridwan Abdullah, Sandiaga Uno Terinspirasi Filosofi Lambang NU

Minggu, 21 Oktober 2018 23:30 wib

...
Sandiaga Uno di Makam KH Ridwan Abdullah (santrinews.com/detik)

Surabaya – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno dalam safari politiknya di Jawa Timur berzirah ke makam pencipta lambang NU, KH Ridwan Abdullah di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tembok Surabaya, Ahad, 21 Oktober 2018.

Setiba di makam Kiai Ridwan, Sandiaga lalu memimpin bacaan tahlil dan diikuti rombongan dan para jemaah.

Sandiaga menjelaskan, NU berdiri di semua golongan umat Islam. Hal itu bisa dilihat dari simbol bola dunia yang menjadi lambang organisasi Islam terbesar di Indonesia itu.

“Kita bisa lihat filosofi lambang NU tersebut,” kata Sandiaga kepada wartawan usai berziarah.

Baca: Sapa Ribuan Santri Al Amien, Sandiaga Uno: Kalian Calon Pemimpin Bangsa

Menurut Sandiaga, lambang NU menggambarkan toleransi dan sangat mendorong Islam yang rahmatan lil alamin. NU adalah organisasi yang bisa menaungi semua golongan.

“Bola dunia merupakan simbol bahwa NU di atas semua golongan. Kami lihat simbol NU itu simbol yang mendamaikan,” tukasnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, organisasi NU juga menjadi lambang Islam moderat dan selalu mengajarkan pesan damai kepada umat.

“NU menjadi panutan dan referensi organisasi yang yang moderat dan Islam yang betul-betul menebarkan pesan damai,” tandasnya.

Kiai Ridwan dikenal sebagai salah satu kiai pendiri NU yang memiliki keahlian khusus di bidang seni lukis dan seni kaligrafi. Selain lambang NU, salah satu karya Kiai Ridwan yang terkenal adalah bangunan Masjid Kemayoran Surabaya.

Senada disampaikan Ketua Harian Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandiaga Jawa Timur, Anwar Sadad. “Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang berjasa mendirikan NU,” kata Sadad.

Usai dari makam KH Ridwan, di kompleks TPU yang sama, Sandiaga berziarah ke makam Soedjarwoto Soemarsono alias Gombloh.

Gombloh adalah salah satu musisi di Jawa Timur bahkan nasional. Gombloh yang juga pencipta lagu Kebyar-Kebyar memang merupakan salah satu musisi yang lekat dengan tema perjuangan.

“Terima kasih untuk sosok yang telah menginspirasi kita semua,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, Gombloh bisa menjadi role model dalam menciptakan seniman-seniman yang memperdayakan di dalam bidang ekonomi kreatif.

“Pak Gombloh adalah pejuang ekonomi kreatif yang pada masanya, beliau sudah banyak melahirkan karya-karya dan menjadi legenda,” pungkasnya. (rus/onk)