Politik

Kiai Maruf Amin Safari ke Pesantren di Jatim, Prabowo ke Jateng

Selasa, 30 Oktober 2018 10:40 wib

...
Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin (tengah) didampingi pengasuh Pesantren Lirboyo KH Anwar Manshur (kanan) dan KH Anwar Iskandar (kiri) saat berkunjung di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Senin, 3 September 2018 (santrinews.com/antara)

Jakarta – Pondok pesantren masih jadi tujuan favorit pasangan calon presiden-wakil presiden yang bertarung di Pilpres 2019. Selasa, 30 Oktober 2018, hari ini, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan safari politik di dua pesantren di Jawa Tengah. Sementara cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin berkunjung ke sejumlah pesantren di Jawa Timur.

Berdasarkan agenda yang dikeluarkan tim media, Prabowo memulai kampanye hari ini dengan menghadiri peresmian Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi di Boyolali, Jawa Tengah, sekitar pukul 11.00 WIB.

Mantan Pangkostrad itu kemudian melanjutkan kegiatan ke Ponpes Darul Quran, Klaten, Jawa Tengah. Kemudian, Prabowo berkunjung ke Pondok Pesantren Tamirul Islam, Solo, Jawa Tengah.

Sementara itu, cawapres Sandiaga Uno mengawali hari dengan menghadiri Majelis Taklim Aisyah bersama Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, di BSD City, Sinar Mas Land Plaza, Tangerang, Banten.

Selepas pengajian yang dipimpin pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid itu, Sandi hadir dalam kegiatan ‘Influncer MeetUp with Bang Sandi’, di Indonesia 5, Jalan Kemang Utara A No 2, Jakarta Selatan.

Kiai Ma’ruf secara maraton juga akan mengunjungi tiga kota di Jawa Timur. Ia dijadwalkan bakal mengunjungi Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi secara bergiliran.

Seharian, Kiai Ma’ruf dijadwalkan bakal mengunjungi masing-masing satu pesantren di tiap kota tersebut.

Berdasarkan agenda kegiatan yang dipublikasikan oleh Tim Kampanye Nasional, Ma’ruf akan mengawali agenda dengan mengunjungi Kabupaten Bondowoso.

Di ‘Kota Tape’ itu, Ma’ruf bakal mengunjungi sekaligus bersilaturahmi dengan pimpinan dan para santri di Pesantren Mambaul Ulum yang terletak di Kecamatan Sukosari Lor, Bondowoso.

“Pukul 09.00-11.00 WIB, silaturrahmi dengan pimpinan pondok pesantren Mambaul Ulum Bondowoso,” demikian mengutip agenda kegiatan Kiai Ma’ruf yang dipublikasi timsesnya.

Tak berlama-lama di Bondowoso, mantan Rais Aam PBNU itu langsung bertolak sejauh 63 KM ke arah timur laut menuju Kabupaten Situbondo.

Di Situbondo, Kiai Ma’ruf dijadwalkan mengunjungi Pesantren Salafiyah Safiiyah di Desa Sukorejo, Situbondo. Di pesantren yang didirikan tahun 1914 itu, Kiai Ma’ruf akan bersilaturahmi dengan jajaran pimpinan dan para santri sekitar pukul 13.30-14.30 WIB.

Pesantren Salafiyah Safiiyah Sukorejo pernah didatangi oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Februari tahun ini. Di sana, Jokowi meresmikan perubahan status Institut Agama Islam Ibrahimy (IAII) menjadi Universitas Ibrahimy.

Tak berlama-lama di Situbondo, Kiai Ma’ruf dijadwalkan bakal bertolak sejauh 114 km ke arah selatan menuju Kabupaten Banyuwangi pada sore harinya.

Ia di sana untuk bertemu dan silaturahmi dengan pimpinan dan para santri di Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi pada pukul 19.00-20.30 WIB.

Kiai Ma’ruf sudah tiga kali bolak-balik ke Jawa Timur usai ditetapkan sebagai calon wakil presiden oleh KPU akhir September lalu. (us/cnn)