Politik

PBB Mutlak Dukung Jokowi-KH Maruf, Yusril: Paling Bermanfaat Bagi Umat Islam

Senin, 28 Januari 2019 06:30 wib

...
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra saat menemui Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 30 Nopember 2018 (santrinews.com/ist)

Jakarta – Partai Bulan Bintang (PBB) resmi menyatakan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Alasannya, pasangan nomor urut 01 itu dinilai lebih memberi manfaat untuk umat Islam.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra menjelaskan, dukungan kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin sudah mutlak, sesuai hasil rapat pleno PBB sebelumnya. Yusril meminta kadernya taat pada keputusan partai.

PBB telah menimbang, memutuskan untuk mendukung capres dan cawapres nomor 01 Jokowi-Maruf,” kata Yusril dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PBB di Ancol, Jakarta Utara, Ahad, 27 Januari 2019.

Baca: Tinggalkan HTI, Yusril Berbalik Bela Jokowi

Yusril mengakui PBB tidak bisa mengusung calon dalam Pilpres 2019. “Jadi kami memilih apa yang paling baik dan paling bermanfaat untuk umat Islam dan bagi PBB sendiri,” kata Yusril.

Ia juga menyampaikan alasan lain di balik dukungan kepada pasangan calon petahana, yakni agar partainya bisa tembus syarat ambang batas parlemen, yakni 4 persen, dan masuk kembali ke DPR.

“Karena itu perlu kerjasama baik sama partai maupun dengan capres. Yang paling mungkin dan paling bisa bernegosiasi memang dengan paslon nomor 01. Oleh karena itu kami mengambil langkah sama-sama dengan paslon 01,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Sengaja Difitnah Anti-Islam untuk Jatuhkan NU

Di sisi lain, Yusril melanjutkan, harapan agar PBB lolos ke Senayan tidak terdapat jika mendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun ia enggan membahas lebih jauh alasan tidak mendukung Prabowo.

“Yang lama kami bahas tidak ada titik temunya, jadi jangan dibahas lagi, sudah lewat. Sudah diputuskan kami dukung paslon nomor 01, kalau saya jawab nanti saya nyerang-nyerang lagi,” ungkap Yusril.

Baca juga: Kepada Yusril, KH Said Aqil: Silakan Dukung Khofifah atau Gus Ipul, Sama Saja

Lebih lanjut Yusril mengatakan untuk memenangkan Jokowi-KH Ma’ruf, PBB bakal berdiskusi bersama dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf.

Diskusi tersebut agar partai berlambang bulan sabit itu mengetahui langkah kongkret dalam membantu Jokowi-KH Ma’ruf.

“Kami memberikan dukungan kepada paslon 01 itu, nanti ada pembicaraan dengan tim kampanye seperti apa bantuannya karena kami tidak bisa bergerak sendiri,” pungkasnya. (us/cnn)