Politik

Yenny Wahid Minta Kader Gus Dur Turun Ajak Warga Madura Pilih Jokowi-KH Maruf

Jum'at, 25 Januari 2019 17:30 wib

...
Yenny Wahid (kanan) mendampingi Nyai Hj Sinta Nuriyah saat menerima silaturahmi Joko Widodo di kedimannya di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat, 7 September 2018 lalu (santrinews.com/detik)

Jakarta – Berdasar hasil survei hingga akhir Desember 2018, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih menang cukup signifikan di Madura. Namun, putri KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, optimis Joko Widodo-KH Ma’ruf akan menang di Pulau Garam pada Plpres 2019 mendatang.

Yenny Wahid sangat optimis mengingat makin banyak dukungan para kiai di Madura kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin. “Kita senang sekali dengan perkembangan yang sangat positif ini bagi kesuksesan (paslon) 01,” kata Yenny Wahid di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.

Baca: Jokowi Resmi Gandeng KH Ma’ruf Amin, Santri Sampang Rapatkan Barisan

Berdasarkan hasil survei dari Surabaya Survei Center (SSC) periode 10-20 Desember 2018 di 38 kabupaten dan kota di Jatim tercatat, elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf di Madura cukup rendah sebesar 39,1 persen. Sedangkan Prabowo-Sandiaga menang signifikan dengan elektabilitas 53,6 persen. Artinya, terpaut 7,3 persen.

Hasil hampir sama didapat dari survei The Initiative Institute periode 10-18 Oktober 2018. Elektabilitas Prabowo-Sandi leading dengan 43 persen, sedangkan Jokowi-KH Ma’ruf 20,5 persen dan 36,5 persen lainnya masih rahu-ragu.

Yenny mengaku wajar hasil survei tersebut. Sebab, diakui Yenny, pihaknya baru memulai penguatan di Madura pada awal Januari. “Kita baru turun Desember pertengahan. Insyaallah akan naik, trennya naik sekarang,” tegasnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri Hari Perdamaian Internasional di Pesantren Annuqayah

Yenny mengajak kader atau simpatisan Gus Dur di Madura untuk turun menyampaikan kepada masyarakat bawah tentang prestasi dan kepedulian Jokowi kepada masyarakat Madura. Sehingga, masyarakat Madura tahu dan tergugah memilih Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

“Saya berharap para kader Gus Dur ikut menyampaikan kepada masyarakat bawah, bahwa telah banyak sekali upaya yang dilakukan pemerintah, khususnya Pak Jokowi dalam memberikan perhatian terhadap warga Madura,” tegasnya.

Baca pula: Optimalkan Potensi Madura, Sandiaga Uno Gandeng Pesantren

Yenny menyebut, perhatian Jokowi itu di antaranya menggratiskan jalan tol Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), serta membuka berbagai akses ekonomi untuk kesejahteraan warga Madura.

“Akses, konektifitas yang bisa merangsang pertumbuhan ekonomi lebih baik di Madura menjadi perhatian utama presiden (Jokowi),” ungkapnya.

Baca juga: Kemenangan Jokowi-KH Maruf Amin, Simbol Kemenangan Kaum Santri

Dengan demikian, lanjut Yenny, sudah seharusnya warga Madura memilih calon petahana Jokowi di Pilpres 2019. “Sudah jelas kelihatan beliau (Jokowi) seperti itu, ya kita berharap warga Madura lebih tergugah untuk memilih beliau lagi,” tandasnya. (rus/onk)