Politik

Ada Nilai Filosofis “Birrul Walidain”, Dewan Dukung Penuh PKH Plus Khofifah-Emil

Selasa, 19 Februari 2019 12:30 wib

...
Anggota Komisi E DPRD Jatim Moch Eksan (santrinews.com/rusman)

Surabaya – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur mengapresiasi dan siap memberikan dukungan penuh kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak untuk mewujudkan janji politiknya selama kampanye yang tertuang dalam Nawa Bhakti Satya.

“Ada program yang menarik dari Nawa Bhakti Satya yang dicanangkan Bu Khofifah, yaitu Program Jatim Sejahtera,” kata anggota Komisi E DPRD Jatim, Moch Eksan, saat ditemui usai rapat paripurna serah terima jabatan dari Soekarwo ke Khofifah, di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, Senin, 18 Februari 2019.

Baca: Sembilan Visi Khofifah, Dari Tunjangan Penghafal Al-Quran Hingga Penjaga Makam

Program Jatim Sejahtera, kata politisi asal Partai NasDem ini, menjadi peringkat pertama dari 9 Program yang dicanangkan Khofifah-Emil. Dalam program itu ada program prioritas yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) Plus yaitu program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan atau warga miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin.

PKH Plus itu bertujuan antara lain untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial; serta mengurangi beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan keluarga miskin.

Program PKH plus ini memberikan perhatian khusus untuk penyandang lansia terlantar, perempuan kepala keluarga rentan dan penyandang disabilitas.

“Program itu akan diberikan kepada 50 ribu lansia dan kelompok penerima lainnya agar mereka bisa hidup layak dan hidup dengan sejahtera dan bahagia dalam usianya yang sudah senja,” tandas Eksan.

Baca juga: Seni Tradisional Cermin Falsafah Hidup

Lewat program tersebut, lanjut Eksan, menunjukkan bukan hanya sekadar tanggungjawab negara, tapi ini ada filosofi yang sangat mendalam yaitu sebagai bentuk “Birrul Walidain”, Negara hadir dalam konteks perlindungan sosial, tetapi lebih dari itu adalah bentuk implementasi dari wujud berbakti kepada orang tua.

Untuk itu, tidak hanya sekadar akan mensupport, Eksan juga akan mendorong agar program tersebut nanti ada peningkatan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Sebab, ia meyakini program itu merupakan upaya untuk terus mengurangi angka kemiskinan.

Baca juga: Hidup Nenek Rokayah Sebatang Kara, Khofifah: Sudah Diajak ke Panti

Wakil Sekretaris PC NU Jember ini juga berharap Pendamping PKH sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang bekerja di bawah juga kedepan terus diperhatikan kesejahteraannya. “Karena ini akan sangat berpengaruh dan menunjang tugas-tugas dan kerja pendampingan,” pungkasnya. (red)