Politik

Isu Tenaga Kerja Asing, Fandi Utomo: Itu Hoaks Kerjaan Setan

Kamis, 14 Maret 2019 22:30 wib

...
Fandi Utomo (tengah) bersama Forum Komunikasi Masyarakat Industri Sidoarjo (FKMIS), usai diskusi (santrinews.com/istimewa)

Sidoarjo – Isu Indonesia dibanjiri Tenaga Kerja Asing salah satu isu hoaks yang menjadi tantangan serius Pemerintahan Joko Widodo. Meski berkali-kali dibantah, isu ini tak pernah mereda.

Sebaliknya justru kian masif disebarkan menjelang Pilpres 2019. Misalnya, saat ini banyak pekerja asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia dan mengambil alih lapangan pekerjaan bagi WNI.

Baca juga: Buka Munas NU, Jokowi Singgung Fitnah Pernikahan Sejenis dan Larangan Azan

Ironisnya, banyak masyarakat yang percaya termakan isu hoaks tersebut. Perlu langkah jitu menepisnya. Diantaranya dengan memberikan informasi yang benar langsung kepada masyarakat.

“Apa ada kondisi itu (pekerja asing) di tempat Bapak dan Ibu? Kan tidak ada,” kata politisi PKB, Fandi Utomo, saat berdiskusi dengan Forum Komunikasi Masyarakat Industri Sidoarjo (FKMIS), Kamis, 14 Maret 2019.

Sebagai salah satu partai koalisi pendukung Jokowi, PKB merasa berkewajiban meluruskan kabar bohong soal pekerja asing.

“Sudah jelas ini adalah hoax. Kerjaan setan ini. Hoax itu adalah pekerjaan setan,” tambah mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Baca juga: Lindungi TKI, Nusron Wahid Terapkan Sistem Diteksi Dini

Fandi mengajak agar masyarakat industri lebih berhati-hati dalam menyikapi permasalahan isu Tenaga Kerja Asing yang sering merebak dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Jangan lupa banyak tenaga kerja kita yang juga ada di luar negeri,” tegas Caleg DPR RI melalui PKB untuk Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo dengan nomor urut 3 ini.

Ia menyebut diantaranya di Singapura, Taiwan, Hongkong, Timur Tengah, Malaysia, Eropa, dan bahkan di Amerika Serikat. Mereka bekerja di berbagai sektor.

“Jika isu ini dibiarkan liar, maka bisa membahayakan tenaga kerja kita di luar negeri juga,” pungkasnya.

Baca juga: TKI Taiwan Bangun SMP Islam Terpadu

Merespon paparan masalah itu, FKMIS mengaku setuju dengan pendapat Fandi Utomo. Bahkan, mereka juga siap memberikan dukungan dan suara kongkrit bagi mantan dosen ITS Surabaya itu.

Mereka menilai, Fandi Utomo cukup memahami masalah yang ada di sektor usaha hingga industri. “Karena itu, kami dari FKMIS siap untuk memenangkan Beliau dan menjadikannya DPR RI,” kata Ketua FKMIS, Bekawan.

Ia meyakini bila terpilih jadi DPR RI nanti Fandi Utomo mampu mengayomi semua pihak. Mulai sektor usaha dan industri, hingga buruh dan pekerja. “Kemampuan Beliau paket lengkap,” pungkasnya. (red)