Politik

Kampanye di Manado, Prabowo: Ingin Ganti Pancasila, Berhadapan dengan Saya

Minggu, 24 Maret 2019 15:30 wib

...
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat berkunjung ke Kota Jambi, Kamis, 14 Maret 2019 (santrinews.com/istimewa)

Manado – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan kampanye terbuka di Lapangan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Manado, Ahad, 23 Maret 2019. Prabowo menyinggung soal Pancasila dan pentingnya menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Siapa yang berkeinginan mengganti Pancasila, akan berhadapan dengan saya. Jiwa raga kami untuk ibu pertiwi,” kata Prabowo saat berorasi di atas panggung.

Prabowo juga menepis tuduhan yang menyebut dirinya sebagai Islam radikal. “Banyak tuduhan dan fitnah terhadap saya. Termasuk menuduh saya Islam radikal. Saya bukan seperti itu,” tegasnya.

Baca juga: Mahfud MD: Prabowo Berkomitmen Majukan Pesantren

Ia lantas menyinggung salah satu tokoh Sulawesi Utara E.E Mangindaan yang turut hadir mendukungnya. Menurut Prabowo, Mangindaan tak bakal mendukung dirinya jika dia seorang Islam radikal.

“Bersama saya ada bapak Mangindaan. Dia senior saya di tentara dan menjadi panutan saya. Jika saya seperti yang dituduhkan, tidak mungkin Pak Mangindaan mendukung saya,” tegas Prabowo.

Letjen TNI (purn) Evert Ernest Mangindaan merupakan Wakil Ketua MPR RI sekaligus putera daerah Sulawesi Utara. Mangindaan pernah menjabat Gubernur Sulut periode 1995-2000.

“Saya lahir dari seorang ibu berdarah Kawanua. Saya putra Sulawesi Utara. Saya memohon saudara-saudaraku mendukung saya,” Prabowo mengajak massa dengan suara lantang.

Prabowo memulai orasinya sekitar pukul 11.30 WITA. Di tengah orasi, azan zuhur berkumandang dari Masjid Nurul Huda yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari panggung. Prabowo pun menghentikan orasinya.

Baca juga: Ulama Madura Merapat ke Prabowo

“Karena azan sudah berkumandang, saya hentikan dulu orasi. Kita harus menghormati panggilan beribadah. Saya juga bisa beristirahat untuk minum kopi dulu,” ujar Prabowo.

Usai kumandang azan, Prabowo melanjutkan orasinya. Ia berorasi tidak sampai satu jam. Dari Manado, Prabowo melanjutkan kampanyenya di Makassar. (shir/cnn)