Politik

Kiai Muda-Muslimat dan Fatayat Problinggo Solid Dukung Jokowi-KH Maruf Amin

Kamis, 28 Maret 2019 23:30 wib

...
Kiai Muda Bersatu Kota Probolinggo berikrar dukung Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, di Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin, Kecamatan Kedemangan Kota Probolinggo, Kamis, 28 Maret 2019 (santrinews.com/istimewa)

Probolinggo – Kiai Muda Bersatu (KMB) Kota Probolinggo berhasil memantapkan langkahnya menggalang kekuatan semua komponen Nahdlatul Ulama untuk kemenangan pasangan Joko Widodo- KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Bersama Muslimat NU, Fatayat, dan para santri, mereka secara terbuka mengikralkan dukungan kepada pasangan calon presiden nomor urut 01 itu di Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin, Kecamatan Kedemangan Kota Probolinggo, Kamis, 28 Maret 2019.

KH Abdul Kholiq Maksum, Mustasyar NU Kota Probolinggo menyatakan, semua komponen NU Kota Probolinggo sudah membulatkan tekad demi memastikan kemenangan pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

“NU Kota (Probolinggo) siap jadi garda depan pemenangan pasangan 01, karena pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin diyakini oleh kalangan NU bisa menampung aspirasi warga nahdliyin serta guna menjaga tumbuh kembangnya tradisi ahlussunah wal jamaah,” kata KH Abdul Kholik di sela-sela deklarasi.

KH Abdullah Karim, Pengasuh Pesantren RAudlatul ThAlibin, menegaskan, ikrar dukungan merupakan wujud dari implementasi atas prinsip “˜Santri Dherek Kiai’ yang selalu didorong dan dimasifikasi oleh kalangan Kiai muda dan para gus yang terhimpun dalam KMB.

Di sisi lain, KH Abullah Zabuth, Ketua Yayasan Pendidikan Pesantren Raudlatul Thalibin, menyebutkan selain deklarasi dukungan yang dilakukan para Kiai muda dan para santri, para aktivis dan pengurus muslimat serta fatayat Kota Probolinggo juga melakukan deklarasi dukungan meski di tempat yang berbeda.

“Artinya semua komponen NU di Kota Problinggo sudah utuh dan bulat dukung pasangan dengan nomor urut 01. Kepastian kemengan pasangan Jokowi- KH Ma’ruf Amin sudah bisa dipastikan di Kota Probolinggo,” kata Gus Zabut.

Gus Zabut menyebutkan untuk deklarasi Muslimat dan Fatayat Kota Probolinggo dipimpin langsung oleh Hj Siti Fatimah selaku Ketua Muslimat Kota Probolinggo.

Ada 5 poin ikrar atau deklarasi yang dibaca oleh para Kiai muda, gus dan santri yang hadir. Yakni:

1. Kami Kiai Muda Jawa Timur Bersatu untuk keutuhan NKRI dan Pancasila.

2. Kami Kiai Muda Bersatu melawan segala bentuk radikalisme agama dan memperjuangkan Islam ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah.

3. Kiai Muda Bersatu adalah santri yang siap menjadi garda terdepan dalam mendukung dan mensukseskan keputusan bersama Masyayikh.

4. Kiai Muda Bersatu mengawal KH Ma’ruf Amin sebagai Kiai yang menjadi calon wakil presiden sebagai bentuk pengamalan amanat para Masyayikh, Santri Dherek Kiai.

5. Kiai Muda Bersatu berkomitmen untuk memenangkan pasangan Ir. H. Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin.

Pasca deklarasi dukungan yang diinisiasi KMB tersebut, lanjut Gus Abd Karim, para relawan santri tersebut akan melakukan sejumlah agenda aksi yang tersetruktur dengan masif agar kemenangan pasangan 01 bisa terwujud. (shir/onk)